Jakarta (ANTARA) - Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM), resmi menghadirkan Safety Riding Lab Astra Honda keempat  di salah satu sekolah binaannya, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kegiatan safety riding berrujuan mengedukasi para siswa berkendara yang aman dan nyaman.

Baca juga: Cegah kecelakaan fatal saat bermotor

"Kami ingin memasyarakatkan keselamatan berkendara di kalangan generasi muda dan Safety Riding Lab Astra Honda kami harapkan menjadi salah satu sudut yang punya daya tarik bagi siswa untuk beraktivitas," ungkap Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin dalam keterangan resminya dikutip Selasa.

Dia juga melanjutkan bahwa, fasilitas yang diberikan ini untuk mengampanyekan keselamatan berkendara di kalangan anak muda. Dengan memberikan dukungan sarana prasarana bagi para duta keselamatan berkendara, kesadaran keselamatan berkendara diharapkan bisa semakin luas dampaknya.

"Peresmian ini harus dilanjutkan dengan aktifitas menarik bagi siswa dan kami pun akan kembangkan sarana kompetisi antar Safety Riding Lab. Tujuan utamanya melahirkan sebanyak mungkin duta muda kreatif di bidang keselamatan berkendara," kata dia.

Safety Riding Lab Astra Honda hadir untuk mendukung kegiatan edukasi keselamatan berkendara yang dilakukan secara menyenangkan dan mudah diterima oleh para peserta didik di institusi pendidikan, seperti SMK.

Kegiatan peresmian Safety Riding Lab Astra Honda keempat dihadiri oleh Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Drs. Arif Hamzah, perwakilan Satlantas Polres Malang, perwakilan Dinas Perhubungan Kota Malang, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Drs. Maryanto dan Marketing Communication & Development Division Head PT Mitra Pinasthika Mulia, Suhari sebagai main dealer sepeda motor Honda wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

"Kami sangat senang Safety Riding Lab hadir di sekolah kami. Dengan adanya Safety Riding Lab Astra Honda, para siswa dapat semakin optimal mempraktikkan cara berkendara yang aman dan nyaman, sekaligus menginspirasi teman sebaya dalam mengampanyekan keselamatan berkendara di jalan raya," ungkap kepala sekolah SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Maryanto.

Yayasan AHM mengembangkan sarana edukasi dan pembelajaran safety riding bekerjasama dengan SMK binaan dengan mendirikan Safety Riding Lab Astra Honda sejak 2017 yang lalu.

Saat ini telah berdiri di 4 sekolah yaitu SMK Mitra Industri MM2100 Jawa Barat, SMK Walisongo Menes, Banten, SMK Panca Abdi Bangsa (PABA) Sumatera Utara dan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang Jawa Timur.

Dalam mendukung kegiatan edukasi keselamatan berkendara, Safety Riding Lab Astra Honda memiliki beberapa tiga zona utama yakni zona Audio-Visual, zona Simulasi dan zona Praktik. Zona Audio-Visual digunakan untuk penyampaian materi serta diskusi teknik dan etika berlalu lintas dengan melalui video kreatif yang kekinian.

Baca juga: Bamsoet tegaskan keselamatan berkendara tanggung jawab bersama

Baca juga: AHM hadirkan kompetisi instruktur keselamatan 2021 secara virtual

Baca juga: AHM edukasi ribuan pemuda berkendara aman dan nyaman

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021