Jakarta (ANTARA) - Yayasan Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan wisata edukasi keselamatan berkendara bertajuk "Wisata Edukasi Satu Hati", mengajak masyarakat menambah pengetahuan dan kemampuan berkendara sepeda motor melalui program yang dikemas unik, seru dan menyenangkan.

Program tersebut perdana diluncurkan di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu. Di sekolah tersebut, terdapat Safety Riding Lab Astra Honda yang menjadi area edukasi.

"Harapan kami, edukasi yang dikemas secara menyenangkan dalam Wisata Edukasi Satu Hati ini dapat diserap dengan baik untuk dipratikkan di kehidupannya sehari-hari," ujar Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin di Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

ANTARA berkesempatan merasakan keseruan edukasi keselamatan berkendara tersebut.

Baca juga: AHM jual 1.882 motor selama GIIAS 2022, PCX dan ADV paling laris

Terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi, mulai dari uji pengetahuan etika berlalu lintas, menaklukkan berbagai kondisi jalan dengan aman melalui simulator berkendara Honda Riding Trainer (HRT), hingga unjuk kemampuan berkendara melalui berbagai rintangan.

Edukasi dikemas secara unik dan menyenangkan. Materi pembelajaran diberikan oleh duta keselamatan berkendara sekolah yang telah dilatih oleh AHM.

Pada akhir sesi, peserta akan mendapat hasil evaluasi pemahaman keselamatan berkendara sebagai panduan mereka dalam meningkatkan kompetensi lebih lanjut.

Safety Riding Lab Astra Honda memiliki tiga zona, yaitu zona audio-visual, zona simulasi, dan zona praktik. Zona audio-visual diisi dengan pembelajaran ilmu etika berlalu lintas.

Dalam zona ini, peserta diajak berdiskusi tentang berbagai pengetahuan keselamatan berkendara dengan memanfaatkan video pendek. Di sini, peserta diharapkan bisa menganalisa dan mendiskusikan potensi masalah dalam berlalu lintas.

Setelah itu wisata edukasi keselamatan berkendara berlanjut ke zona simulasi. Peserta berkesempatan mencoba simulasi berkendara dengan berbagai jenis sepeda motor dalam beragam kondisi jalan menggunakan Honda Riding Trainer.

Setelah menguasai teori dan melakukan simulasi, para peserta diajak berkendara menggunakan sepeda motor di zona praktik yang dilengkapi berbagai rintangan kondisi jalan dan rambu lalu lintas.

Di zona ini, peserta menjalankan berbagai tantangan berkendara seperti menikung dengan membentuk angka 8, tantangan berkendara di tengah rintangan pada sisi kanan kiri jalan, dan tantangan menjaga keseimbangan di atas jalur khusus dengan waktu yang ditentukan.

Muhib berharap kesadaran keselamatan berkendara dapat terus digaungkan pada masyarakat melalui beragam cara yang menyenangkan dan saluran yang efektif.

“Kami ingin dapat terus mengajak partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara sebagai bentuk kepedulian pada sesama," kata dia.

Kegiatan Wisata Edukasi Satu Hati yang dijalankan perdana oleh SMK Mitra Industri juga terbuka untuk pelajar dari berbagai sekolah yang berminat belajar tentang keselamatan berkendara di sekolah yang berfasilitas lengkap seperti Safety Riding Lab Astra Honda.

SMK Mitra Industri merupakan salah satu sekolah binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang memiliki Lab Safety Riding Astra Honda yang dilengkapi dengan simulator Honda Riding Trainer, area praktik, lab audio visual, serta duta keselamatan berkendara.

Safety Riding Lab Astra Honda merupakan bentuk program berkelanjutan kampanye keselamatan berkendara yang digulirkan Yayasan AHM.

Kampanye ini diinisiasi sejak tahun 2012 melalui program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara yang digelar di berbagai sekolah dan melahirkan siswa-siswi duta keselamatan berkendara.

Baca juga: Alasan AHM beri sentuhan baru CBR250RR

Baca juga: Persiapan AHM menuju elektrifikasi roda dua

Baca juga: AHM gandeng 29 dealer apresiasi konsumen di Hari Pelanggan Nasional
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022