Jakarta (ANTARA News) - Doa untuk korban gempa bumi di provinsi Sulawesi Tenggara, khususnya di wilayah Palu dan Donggala mewarnai pembukaan Festival Yamaha Endurance 2018, yang digelar di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

"Atas nama manajemen Yamaha Motor Indonesia turut berbelasungkawa atas musibah yang terjadi di Sulawesi Tenggara, khususnya di Donggala dan Palu," ujar General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M. Abidin dalam sambutannya.

Acara pembukaan Endurance Festival 2018 dibuka dengan raungan sirene yang dibunyikan oleh para petinggi YIMM dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Setelah itu, para pebalap yang terlibat dalam festival melakukan aksi victory lap, diikuti oleh ratusan perwakilan dari komunitas Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

Yamaha Endurance Festival 2018 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seru dan menarik, yang dibagi dalam dua area, yaitu area eksibisi dan area lintasan balap sirkuit.

Pada area eksibisi, digelar sejumlah kegiatan, mulai dari fun walk, aerobik, lomba memasak, pesta es krim, bazar kuliner hingga kompetisi sepak bola mini bertajuk "Yamaha Soccer League" yang diikuti oleh komunitas YRFI. 

Para pemenang akan mendapatkan beragam hadiah menarik, seperti alat elektronik dan apparel, serta grand prize berupa 1 unit Yamaha Lexi dan Mio S.

Sementara pada area lintasan balap sirkuit, digelar perlombaan Endurance Race, yang diikuti oleh komunitas dan pebalap profesional. Endurance Race sendiri merupakan balap motor ketahanan yang baru perdana diadakan di Indonesia dan terinspirasi dari balapan motor ketahanan Suzuka.

Endurance Race mengadopsi cara start dengan sistem "Le Mans Style", di mana para pebalap memulai start dengan berdiri di samping trek sirkuit, berseberangan dengan motor mereka yang telah disusun sesuai hasil grid positition.

Ketika bendera start dikibarkan, pada pebalap berlari menuju motor masing-masing lalu kemudian memulai balapan.

Terdapat tiga kategori kelas yang diperlombakan, yaitu Open Class 250cc (2 jam), untuk komunitas dan profesional, Community 250cc (1 jam) dan Community 150cc (1 jam). Total hadiah yang disediakan untuk para pemenang berjumlah Rp 120 juta.

Yamaha Endurance Festival 2018 diperkirakan akan berlangsung hingga sore hari, dan ditutup dengan penampilan band Armada.

Baca juga: Yamaha gelar "Endurance Festival" akhir bulan ini

Baca juga: Yamaha motor kolaborasi dengan AI NVIDIA untuk kendaraan pertanian

Baca juga: Pebalap belia Yamaha Indonesia akan dilatih Rossi di Italia

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018