Sejumlah mobil Kia terbakar tiba-tiba di Teluk Tampa AS

Rabu, 12 September 2018 23:16 WIB
Sejumlah mobil Kia terbakar tiba-tiba di Teluk Tampa AS
Kia Optima hybrid (wikipedia)
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah laporan atas insiden terbakarnya kendaraan bermerek Kia di wilayah Teluk Tampa, Amerika Serikat terus meningkat, yang menimbulkan kecemasan di kalangan masyarakat.

Laman Abcactionnews mengungkap pertama kali tentang kasus kebakaran mobil secara tiba-tiba itu pada April lalu.

Ratusan pemilik mobil Kia di AS mengajukan laporan ke Administrasi Keselamatan Transportasi Jalan Raya Nasional (National Highway Traffic Safety Administration).

Setidaknya terdapat dua model mobil yang menonjol, 91 pengaduan melibatkan Optima dan Sorento dari 2011 hingga 2014, dan mobil-mobil itu sudah mengalami penarikan akibat kerusakan mesin yang tidak terkait dengan kebakaran.

Mereka mengatakan pihak regulator setempat belum banyak melakukan tindakan karena masih menunggu jawaban dari produsen mobil terkait masalah itu.

Sebelumnya, melalui panggilan 911, saksi mata mengungkapkan seorang bayi ditarik keluar dari SUV yang terbakar di sisi Highway 27 di Polk County. Daniel Adams, istrinya Christina, dan putra mereka yang berusia 13 bulan, semuanya terperangkap di dalam Kia yang terbakar pada bulan lalu. 

Pasangan Davenport melihat mereka dan putranya keluar beberapa detik sebelum api membakar seluruh mobil Kia Sorento keluaran tahun 2013.

Tisha Van Allen mengatakan Kia Optima tahun 2012 miliknya secara tiba-tiba meledak dan terbakar saat dia menyusuri jalan di Memphis beberapa minggu lalu.

Van Allen adalah korban kebakaran Optima kedua yang melapor dan ia tidak bisa membuka pintu mobilnya. Seorang pejalan kaki akhirnya membantu membukakan pintu dan menyelamatkan dirinya.

Baca juga: Penjualan Kia Agustus turun

Beberapa minggu sebelum peristiwa kebakaran, Kia mengganti mesin mobil Sorento milik Adam di bawah program "recall". Mereka telah berbicara dengan sembilan pengemudi Kia yang mengatakan kendaraan mereka telah terbakar.

Dalam periode tiga tahun, Ford, Toyota dan Honda SUV melaporkan telah mengalami satu hingga dua peristiwa kebakaran.

Dalam laporannya, kasus itu tengah ditangani penyelidik kebakaran mobil Rich Meier dari Meier Fire Investigations untuk memeriksa kendaraan Adams.

Ahli tersebut mengatakan api berawal dari bagian belakang kompartemen mesin, tetapi tidak bisa menentukan penyebabnya.

Saat dikonfirmasi kepada Kia, perusahaan tersebut mengatakan akan melakukan pemeriksaan langsung.

"Kia Motors America (KMA) bekerja langsung dengan pelanggan dan akan memberikan hasil pemeriksaan langsung kepada pelanggan tersebut. Jika ditentukan bahwa kebakaran adalah hasil dari masalah terkait manufaktur, KMA akan bekerja dengan pelanggan untuk mengatasi semua biaya atau biaya yang mungkin mereka keluarkan," ujar KIA lewat pesan surel.

Baca juga: 2.300 Kia Carnival ditarik dari China karena masalah pintu

Baca juga: Masalah airbag, Kia tarik 507.000 kendaraan di AS

 

Penerjemah: Fathur Rochman

Editor: Alviansyah Pasaribu

COPYRIGHT © 2018

Badan Kejahatan Asuransi Nasional Amerika Serikat merilis laporan tahunan berupa daftar 10 kendaraan yang paling banyak dicuri di negara itu. Temuan-temuan ...
  Aston Martin mengonfirmasi langkah selanjutnya dalam pasar kendaraan hypercar dengan mengumumkan rincian Project "003" sebagai penerus model ...
PT Astra Otoparts Tbk membukukan pendapatan bersih konsolidasi sebesar Rp7,42 triliun sepanjang semester pertama 2018, meningkat 14,6 persen dibandingkan ...
Pembuat mobil sport, Porsche, mengumumkan pada Minggu bahwa akan menjadi raksasa otomotif Jerman pertama yang meninggalkan penggunaan mesin diesel. Langkah ...
Mobil adalah kendaran yang digandrungi pada saat ini, karena kenyamanan dan keunggulannya dibandingkan sepeda motor, sehingga banyak pengguna mobil rela ...