Jakarta (ANTARA) - PT Kreta Indo Artha (KIA), meluncurkan kendaraan generasi terbaru dari The New Kia Carnival yang memiliki tampilan bagian luar dan dalam lebih gagah dan juga sporty dengan banderol harga mulai dari Rp960 jutaan.

“Kami dengan bangga meluncurkan The New Kia Carnival kini hadir dengan tampilan eksterior dan interior baru yang membuatnya semakin sporty, namun tetap memancarkan aura kemewahan dari sebuah premium MPV,” kata Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo di Jakarta, Rabu.
​​​​​​
Generasi keempat dari Kia Carnival ini hadir dengan tampilan luar yang lebih tegas sporty dan juga modern, sesuai dengan konsep yang mereka usung yakni ‘Modern Boldness’ yang terinspirasi dari bahasa desain ‘Opposites United’,

Pada bagian wajahnya, kendaraan ini masih tetap mengedepankan identitas dari varian ini dengan mengusung Tiger Nose Grille baru yang kini membuat tampilannya menjadi lebih fresh.

Untuk bagian penerangan, kendaraan ini sudah dibekali dengan teknologi LED Proyektor dengan High Beam Assist yang dikombinasikan dengan lampu DRL bergaya Star Map Lamp LED sehingga tampilan modern dari kendaraan ini semakin jelas.

Baca juga: Kia capai rekor penjualan di AS, 2023 jadi tahun terbaiknya

Baca juga: Kia Carnival generasi baru ditarik kembali karena masalah pintu geser

Untuk menopang kendaraan ini, KIA telah menyematkan velg baru yang hadir dengan kombinasi warna two tone. Untuk Kia Carnival 11-seater mengadopsi velg berukuran 18 inchi, sementara Kia Carnival 7-seater hadir dengan diameter velg yang lebih besar, 19 inchi.

Mobil yang siap bersaing dengan Toyota Alphard ini, sudah dibekali dengan fitur Smart Power Sliding Door yang memungkinkan penumpang membuka sliding door cukup dengan memegang kunci tanpa memencet tombol atau melakukan gerakan tubuh tambahan pada bagian kiri dan juga kanan.

Sisi dalam

Pada bagian dalam, produsen otomotif asal Korea Selatan ini juga sudah membenamkan berbagai hal baru seperti dashboard yang mengedepankan kesan yang lebih mewah dan modern yang merupakan adaptasi dari perpaduan bahasa desain interior Kia EV6 dan Kia EV9

Mobil generasi terbaru dari KIA Carnival ini juga sudah dibekali dengan Panoramic Curved Display yang merupakan perpaduan antara 12,3 inchi Curved Display Premium Cluster dan 12,3 inchi Infotainment Display with Wireless Connection Apple CarPlay & Android Auto.

Ilustrasi: KIA Indonesia resmi luncurkan The New Carnival. (ANTARA/KIA)

Untuk memastikan kenyamanan mendengarkan musik selama berkendara, KIA mengadopsi Premium Sound System dari BOSE dengan 12 speakers yang tersemat pada varian Premiere.

Pada bagian jok depan, The New Kia Carnival sudah mengadopsi fitur Electric Adjustable Seat with Memory and Lumbar Support yang akan memudahkan pengemudi dan penumpang mengatur posisi duduk sesuai kebutuhan.

Untuk penumpang di baris kedau, KIA memanjakannya dengan menghadirkan fitur relaxation comfort seat untuk Kia Carnival 7-seater, lengkap dengan fitur ventilated dan heated seat yang akan menambah kenyamanan bagi penumpang terutama saat bepergian jarak jauh.

Guna menambah kesan premium dan modern, kendaraan ini sudah dilengkapi dengan Dual Wide Sunroof. Tersedia juga berbagai fitur penunjang kenyamanan lainnya, seperti Wireless Charging, Digital Center Mirror, serta Side Manual Sunshade Curtain pada baris kedua dan ketiga.

Fitur keselamatan

Tidak hanya menampilkan kesan yang mewah, sporty dan modern, kendaraan ini juga nyatanya dibekali dengan berbagai elemen fitur keselamatan yang canggih untuk meningkatkan rasa percaya diri pada penggunanya.

Fitur yang saat ini banyak digunakan oleh kendaraan modern yakni fitur Advanced Driving Assistant System atau ADAS juga sudah tersemat dalam kendaraan ini.

Fitur keselamatan aktif ini meliputi Smart Cruise Control with Auto Stop and Go, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning, Blind Spot Collision-avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, Rear Cross Collision-avoidance Assist, serta Driver Attention Warning.

KIA juga menyematkan fitur keselamatan lain seperti Rear Occupant Alert, Safe Exit Assist, dan Parking Distance Warning. Ada juga fitur kamera parkir 360 atau Surround View Monitor pada varian Premier yang akan memudahkan pengemudi ketika memarkirkan kendaraannya di ruang yang sempit.

Model terbaru ini sudah dibekali dengan mesin Diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2.200 cc CRDi yang mampu menghasilkan tenaga 194 PS dan torsi maksimum 441 Nm.

Model penyegaran dari KIA Carnival sebelumnya ini sudah dilengkapi dengan empat mode berkendara, yakni ECO, Comfort, Sport, dan Smart yang dapat dimanfaatkan pengemudi sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Di Indonesia, kendaraan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp960 jutaan. Untuk model tertinggi, KIA Carnival terbaru ini dibanderol dengan harga Rp1.115.000.000 untuk varian Premiere 7-seater.

Sedangkan untuk Primiere 11-seater dibanderol dengan harga Rp998.000.000 dan untuk Kia Carnival Dynamic 11-seater dibadnerol dengna harga Rp960.000.000. Semua harga sudah berstatus on the road Jakarta.

Baca juga: Kia Carnival Hi Limousine meluncur di Korea Selatan

Baca juga: Kia luncurkan MPV 11 penumpang All New Grand Carnival

Baca juga: Empat pabrikan "recall" hampir 49 ribu kendaraan terkait suku cadang


 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024