Jakarta (ANTARA) - Kia Amerika telah memecahkan rekor penjualan tahunan mereka dengan menjual total 722.176 unit kendaraan hingga bulan November lalu, menjadikan 2023 tahun terbaiknya.

Ini adalah kedua kalinya Kia menjual lebih dari 700 ribu unit per tahun di Amerika Serikat (AS) dan masih ada satu bulan lagi sebelum tahun ini berakhir.

Rekor sebelumnya dibuat pada tahun 2016 ketika Kia menjual 700.862 kendaraan, namun merek asal Korea Selatan itu telah melonjak melewati angka tersebut berkat permintaan yang kuat untuk model Forte, Sportage, dan Telluride. Ketiga model tersebut telah menghasilkan lebih dari 100 ribu penjualan tahun ini dan Sorento tidak jauh di belakang.

Baca juga: Penjualan Hyundai, Kia di Eropa naik 9,3 persen pada Oktober

Mungkin yang paling mengejutkan adalah mini van Carnival, yang telah mengalami peningkatan penjualan lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu. Hingga November, Kia telah menjual 40.084 unit dan ini merupakan peningkatan yang sangat besar dibandingkan tahun lalu yang hanya 18.480 unit.

Tren tersebut dapat terus berlanjut karena Carnival facelift terlihat seperti pemenang berkat desain yang berani dan kabin yang lebih berkelas.

Hampir semua model mengalahkan hasil tahun lalu, tetapi ada beberapa pengecualian termasuk EV6 yang tertinggal di belakang angka tahun 2022 sebanyak 1.761 unit. K5 dan Stinger juga tertinggal, tetapi ini tidak mengherankan karena mobil yang terakhir ini sudah tidak diproduksi lagi, sementara K5 facelift diperkenalkan di Korea Selatan pada Oktober lalu.

Baca juga: Penjualan Hyundai, Kia di Britania naik 8,7 persen di Januari-Oktober

"Permintaan untuk kendaraan Kia terus berlanjut pada titik tertinggi sepanjang masa dan mengalahkan rekor penjualan tahunan kami sebelumnya dalam waktu kurang dari 11 bulan menunjukkan kekuatan merek Kia," ujar Wakil presiden operasi penjualan Kia Amerika Eric Watson, dikutip laman Carscoops, Jumat (1/12).

Watson menambahkan, bahwa “pelanggan baru berbelanja Kia tidak seperti sebelumnya" dan mencatat "kemenangan beruntun" mereka akan terus berlanjut hingga tahun baru berkat model-model seperti EV9 dan Sorento facelift.

Baca juga: Hyundai & Kia kenalkan EV baru lalu rencana perilisan "Live Aid IMAX"

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023