Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif Hyundai dan Kia pada Rabu (25/9) mengumumkan kemitraan dengan Samsung untuk mengembangkan sistem infotainment generasi berikutnya dengan memanfaatkan kemampuan kendaraan berbasis perangkat lunak baru yang sedang dikembangkan oleh kedua perusahaan.

Menurut siaran Motor Authority pada Rabu (25/9), kendaraan berbasis perangkat lunak (software-defined vehicles/SDV) yakni kendaraan yang perangkat lunak dan perangkat kerasnya memungkinkannya diperbarui melalui cloud, artinya berpotensi diperbarui seumur hidupnya.

Sistem infotainment baru yang direncanakan Hyundai dan Kia memungkinkan pemilik lebih banyak mengendalikan kendaraan menggunakan telepon pintar daripada yang saat ini memungkinkan melalui pengintegrasian aplikasi SmartThings Samsung.

Aplikasi tersebut memungkinkan beberapa perangkat yang terhubung dikendalikan melalui satu aplikasi. Menurut Hyundai dan Kia, akun pengguna akan ditautkan dengan akun telepon pintar pengguna untuk menyederhanakan proses pendaftaran.

Baca juga: Hyundai dan Kia kembangkan teknologi katode untuk baterai EV

Baca juga: Kendaraan listrik Hyundai dan Kia dapat rating tertinggi tes keamanan


Perusahaan menyampaikan bahwa sistem infotainment yang baru akan diluncurkan tahun 2026, tetapi tidak menyebutkan kendaraan pertama yang akan menggunakannya.

Menurut perusahaan, sejumlah fitur akan diperkenalkan bersamaan dengan sistem infotainment yang baru, salah satunya adalah pelacak kendaraan.

Hyundai dan Kia selanjutnya juga berencana menawarkan fitur terkait gaya hidup dan selera pengguna di luar kendaraan, seperti perawatan kesehatan dan hewan peliharaan.

Kedua perusahaan belum menyebutkan sistem operasi yang akan digunakan dalam sistem infotainment, tetapi mungkin mereka akan menggunakan Android mengingat Samsung menggunakan sistem operasi itu untuk perangkatnya.

Sebelumnya Hyundai dan Kia, Honda dan Nissan mengumumkan rencana untuk bersama-sama mengeksplorasi platform SDV generasi berikutnya.

Baca juga: Chip baru Samsung akan digunakan untuk sistem infotainment mobil Hyundai
​​​​​​​

Baca juga: Toshiba perkenalkan perangkat jembatan antarmuka untuk aplikasi infotainment mobil

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024