Jakarta (ANTARA) - Jenama otomotif dari Korea Selatan Kia mengeluarkan pengumuman penarikan kendaraan untuk sejumlah SUV Telluride yang beredar di Amerika Serikat karena risiko terbakar.

NY Times dan USA Today, Sabtu (8/6), melaporkan lembaga keamanan lalu lintas AS National Highway Traffic Safety Administration (NTHSA) mengeluarkan peringatan Kia Telluride memiliki masalah, yaitu jok elektrik bagian depan bisa terlalu panas karena kenop geser macet, yang bisa berisiko menimbulkan api.

NTHSA mengumumkan masalah pada Kia Telluride terjadi pada mobil buatan 9 Januari 2019 sampai 29 Mei 2024. Recall tersebut berdampak pada setidaknya 460.000 unit mobil.

Baca juga: Kia tarik 427 ribu crossover Telluride di AS karena risiko terguling

Baca juga: Kia capai rekor penjualan di AS, 2023 jadi tahun terbaiknya


Kia akan memberikan pemberitahuan kepada pemilik Telluride mulai 30 Juli. Untuk sementara, pemilik diminta memarkir mobil mereka di luar rumah sampai kendaraan selesai diperbaiki.

Teknisi akan memasang braket pada penutup belakang sakelar jok listrik dan mengganti kenop geser kursi Kia Telluride secara gratis.

Kia juga akan mengganti biaya jika pemilik Telluride sudah telanjur memperbaiki kendala tersebut.

Penarikan kembali bermula dari laporan yang dialamatkan kepada Kantor Keamanan Kia Amerika Utara yang menyatakan jok pengemudi terbakar ketika sedang mengemudi. Berdasarkan laporan tersebut, tidak ada korban, luka atau kecelakaan akibat peristiwa tersebut.

Baca juga: Kia Telluride "facelift" juga meluncur di pameran New York

Baca juga: Kia produksi dari 3 juta kendaraan di pabrik AS

Baca juga: Kia jual 15 juta SUV dan Minivan di pasar global
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024