Jakarta (ANTARA News) - Hyundai Motor Group pada Selasa (15/1) meluncurkan SUV (sport utility vehicle) besar Telluride dan Veloster N TCR di ajang pameran mobil internasional Amerika Utara (NAIAS) 2019 yang berlangsung di Detroit.

Crossover Telluride milik Kia Motors Corp., yang akan diproduksi di Amerika Serikat, hanya akan dijual di pasar Amerika Utara saja, kata Hyundai Motor Group dalam sebuah pernyataan, dilansir Yonhap, Selasa (15/1).

Disebutkan bahwa Veloster N TCR dari Hyundai Motor Co. adalah model N berkinerja tinggi kedua untuk seri Touring Car Championship, mengikuti model i30 N TCR.

Telluride hadir dengan mesin GDI V6 3,8 liter dan transmisi otomatis delapan kecepatan. Mobil ini memiliki daya 295 tenaga kuda dan torsi 36,2 kilogram-force meter (kgf.m). 

Telluride juga dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan seperti bantuan penghindaran benturan pada titik buta (blind spot), bantuan penghindaran tabrakan lalu lintas pada bagian belakang kendaraan dan sistem bantuan keluar yang aman, kata pernyataan itu.

SUV tersebut dirancang di Kia Design Center di Irvine, California, dan merupakan  model pertama yang dibuat khusus oleh KIA untuk pasar Amerika Utara. Telluride akan diluncurkan di sana pada paruh pertama 2019, kata perusahaan itu.

Veloster N TCR dari Hyundai hadir dengan mesin bensin 2.0 liter turbocharged dengan daya 350 tenaga kuda dan torsi 45,9 kgf.m.

Selain itu, pabrikan mobil tersebut juga memperkenalkan model Elantra GT N Line di acara Detroit, yang berlangsung mulai 14 hingga 27 Januari (waktu setempat). Model Elantra GT Hyundai dijual sebagai hatchback i30 di Eropa.

Model Elantra GT N Line adalah model N Line pertama  Hyundai untuk pasar Amerika Serikat.

"N Line dirancang untuk pembeli yang mendambakan isyarat gaya sporty N yang dipadukan dengan peningkatan suspensi yang disesuaikan dengan kinerja, semuanya dengan harga yang menarik," ujar wakil presiden eksekutif, Divisi Perencanaan & Strategi Produk Hyundai Motor Group, Thomas Schemera.

N Line adalah bagian dari jajaran produk N Hyundai, yang mencakup Veloster N, i30 N, dan i30 Fastback N.

Untuk membantu meningkatkan penjualan, Hyundai berencana untuk meluncurkan SUV andalan mereka yakni Palisade di pasar Amerika Serikat pada awal tahun ini. 

Hyundai juga berencana untuk menambahkan crossover kecil ke jajaran SUV-nya, yang saat ini terdiri dari subkompak Kona, Tucson, Santa Fe dan Palisade.

Hyundai meluncurkan SUV all-new Santa Fe di Amerika Serikat pada tahun lalu tetapi tidak membantu mengangkat penjualan.

Untuk keseluruhan tahun 2018, Hyundai dan Kia menjual 1,27 juta kendaraan gabungan di pasar Amerika Serikat. 

Penjualan Hyundai selama setahun turun 1,1 persen menjadi 677.946 unit sedangkan penjualan KIA berada di angka 589.763 unit, menurut Autodata.

Baca juga: Hyundai umumkan harga Veloster N dibawah 30.000 dolar

Baca juga: Hyundai Kona menang besar di Amerika Utara

 

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2019