Jakarta (ANTARA) - Hyundai baru saja meluncurkan Hyundai Volester N terbaru, bertransmisi N 8-percepatan dengan kopling ganda basah (wet dual-clutch transmission/DCT) yang meningkatkan akselerasi.

Volester N dengan transmisi baru yang diklaim mampu melaju dari 0 -100 km per jam dalam 5,6 detik itu akan mulai di pasarkan di Korea Selatan akhir bulan ini, dan pasar lain segera menyusul.

Hyundai mengembangkan N DCT untuk memberikan pengalaman menarik dari transmisi manual dengan kenyamanan transmisi otomatis.

N DCT dilengkapi dengan aktuator elektronik yang mengoperasikan kopling ganda, memberikan kenyamanan berkendara, efisiensi bahan bakar dan yang terpenting, kesenangan berkendara, kata Hyundai dalam pernyataan resmi, dikutip Rabu.

Baca juga: Hyundai luncurkan Avante baru untuk pasar domestik

Baca juga: Hyundai bayarkan cicilan pembeli mobil yang terdampak corona


Tidak seperti transmisi kopling ganda kering, DCT basah menggunakan oli untuk secara signifikan meningkatkan kinerja pelumasan dan pendinginan, yang merupakan ciri khas aplikasi torsi yang lebih tinggi.

N DCT hadir dengan fitur seperti video game yang meningkatkan kesenangan berkendara. N Grin Shift (NGS) meningkatkan torsi sebesar 7 persen dari 36,0 menjadi 38,5kgf-m dengan memungkinkan overboost turbocharger dan memaksimalkan respons transmisi selama 20 detik.

Selain itu, N Power Shift (NPS) bergerak ketika mobil berakselerasi dengan lebih dari 90 persen throttle, sehingga mengurangi setiap pengurangan torsi dengan menggunakan upshifts untuk menghasilkan daya maksimum ke roda. Membuat akselerasi lebih kuat saat perpindahan gigi.

N DCT juga dilengkapi dengan N Track Sense Shift (NTS) yang membedakan ketika kondisi jalan optimal untuk pengendaraan dinamis dan aktif secara otomatis, memilih gigi yang tepat dan waktu pengalihan seperti pengemudi mobil balap profesional untuk memberikan kinerja optimal.

Semua fitur ini dapat dikonfigurasi dalam sistem infotainment Veloster N yang ditingkatkan, menggunakan sistem operasi terbaru yang diperlihatkan pada layar 8-inci definisi tinggi yang lebih besar. Sistem infotainment dipasangkan dengan sistem suara premium JBL.

Bersama dengan fitur-fitur lain yang diperbarui, seperti Rev Matching, Launch Control, dan Overboost, Veloster N dioptimalkan titik perpindahan gigi. Misalnya, jika mobil menurun, mobil akan menggunakan rem mesin untuk mengurangi risiko rem cakram terlalu panas.

Baca juga: Hyundai mengalami penurunan penjualan di AS karena corona

Baca juga: Hyundai Elantra 2021 dirilis, tersedia versi hybrid


Jika pengemudi memacu kecepatan, mobil ini akan menggunakan spektrum penuh putaran mesin yang tersedia untuk memaksimalkan kinerja.

Veloster N hadir dengan teknologi keselamatan Hyundai SmartSense, termasuk Front Collision-Avoidance Assist (FCA), Peringatan Perhatian Pengemudi (DAW), Lane following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), High Beam Assist (HBA), High Beam Assist (HBA), Blind-Spot Collision Warning (BCW), dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW).

Pelanggan juga dapat memilih untuk melengkapi Veloster N baru dengan kursi sport N ringan. Kursi bucket unibody dibungkus dengan pelapis Alacantara suede yang menyerupai suede untuk menahan posisi pengemudi saat mobil menikung dengan kecepatan tinggi.

Kursi track-ready lebih tipis dan beratnya kurang dari 2kg dari kursi standar. Seperti namanya, N Light Sports Bucket Seats memiliki logo N yang menyala di sisi atas sandaran, menambah estetika interior.

Lampu logo N menyala bersamaan dengan lampu interior lainnya untuk menciptakan suasana yang unik dan menyenangkan untuk dikendarai.

“Veloster N menunjukkan pendekatan Hyundai terhadap mobil performa tinggi. Dengan melengkapi Veloster N dengan N DCT, pengemudi mendapatkan kinerja dan kenyamanan secara bersamaan," kata Thomas Schemera, Kepala Divisi Produk di Hyundai Motor.

Hyundai mengembangkan Veloster N di pusat R&D globalnya di Korea dan memvalidasi kinerjanya di pusat pengujian berbasis-Nürburgring di Jerman.

Baca juga: Hyundai dan BTS buat film rayakan Hari Bumi

Baca juga: Kia pertimbangkan tutup sementara pabrik Korea

Baca juga: Hyundai Indonesia donasikan 50 ribu APD untuk tenaga medis

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020