Seoul (ANTARA News) - Produsen otomotif teratas Korea Selatan Hyundai Motor pada Kamis memperkenalkan mobil compact  tiga pintu yang ditujukan untuk pelanggan anak muda, setelah program pengembangan 40 bulan yang berbiaya 270 miliar won atau 242 juta dolar AS.

Veloster merupakan kendaraan pertama Hyundai dengan jumlah pintu samping yang ganjil, satu di sisi pengemudi dan dua di sisi penumpang.

"Kami  mengembangkan Veloster untuk memuaskan pelanggan anak muda berusia 20-an dan 30-an yang menginginkan gaya hidup individu teratas dalam pengalaman mengemudi," kata Yang Seung Suk, presiden pemasaran perusahaan itu kepada wartawan.

Hyundai berencana menjual hanya 18.000 Veloster di pasar lokal setiap tahun, yang merupakan bagian dari strategi pemasaran untuk menjaga model tersebut relatif jarang di jalan.

Perusahaan itu akan menembus pasar Eropa dalam semester pertama tahun ini dan pasar Amerika Utara dan luar negeri lainnya di paruh kedua.

Veloster memiliki mesin Gamma 1.6-liter Hyundai, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 15,3 kilometer per liter.

Salah satu fiturnya adalah sistem kunci pintar dengan tombol-start, kamera spion dan sistem kontrol dinamis kendaraan yang secara otomatis menstabilkan mobil dalam kondisi mengendara di jalan yang keras.

Di Korea, mobil tersebut dihargai 19,4 juta-20,95 juta won atau 17.400 - 18.800 dolar AS untuk model transmisi otomatis.
(A023/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011