Jakarta (ANTARA) - Mobil listrik Kia EV9 telah menerima banyak pujian sejak diluncurkan dan bahkan dinobatkan sebagai Mobil Terbaik Dunia 2024 beberapa bulan lalu.

Namun, kemenangannya bukan berarti mobil ini sempurna dan di AS, ada beberapa unit yang ditarik kembali (recall) karena masalah sabuk pengaman).

Dalam pemberitahuan penarikan yang diterbitkan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) setempat, Kia mengungkapkan bahwa penutup retraktor untuk rakitan sabuk pengaman penumpang depan pada EV9 tertentu belum diamankan dengan benar.

Ini berarti retraktor pengunci otomatis sabuk pengaman penumpang depan dan retraktor pengunci darurat mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Hyundai IONIQ terbaru lakukan uji sebelum diperkenalkan akhir 2024

Baca juga: Kia EV9 diproyeksikan bisa mulai diproduksi di AS pertengahan 2024


Kendaraan yang terkena dampak akan melanggar Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal, lapor Carscoops, Selasa (21/5).

Pemilik model 2024 EV9 yang terdampak mungkin akan merasakan bunyi gemeretak saat menggunakan sabuk pengaman. Jika sabuk pengaman tidak berfungsi dengan benar saat terjadi tabrakan, penumpang dapat terluka.

Nasib baik untuk Kia, penarikan itu berdampak kepada hanya empat unit EV9 yang di AS, yang semuanya diproduksi pada 17 Oktober 2023.

Pabrikan menyadari adanya potensi masalah pada 23 Februari lalu, setelah diler memberi tahu tentang sabuk pengaman penumpang depan yang mengeluarkan suara berderak dan macet.

Meskipun Kia belum mengidentifikasi insiden di lapangan yang terkait dengan masalah tersebut, Kia dapat menentukan kendaraan yang terkena dampak.

Kia telah memberitahukan kepada para diler di AS mengenai penarikan ini pada tanggal 17 Mei dan akan menginformasikan kepada para pemiliknya melalui surat mulai tanggal 5 Juni.

Empat pemilik EV9 yang tidak beruntung tersebut akan diinstruksikan untuk membawa kendaraan mereka ke diler Kia setempat di mana perakitan sabuk pengaman penumpang depan akan diganti dengan yang baru yang mencakup penutup retraktor yang telah diamankan dengan benar.

Ini bukan pertama kalinya Kia EV9 ditarik kembali. Pada bulan April, empat EV9 lainnya ditarik kembali di AS karena memiliki baut roda gigi diferensial di Gear Drive Unit (GDU) yang mungkin tidak dikencangkan dengan benar selama perakitan.

Baca juga: Hyundai rencanakan investasi Rp800 triliun untuk EV

Baca juga: Kia ungkap harga SUV listrik EV9 2024

Baca juga: KIA luncurkan SUV listrik EV9 GT-Line untuk keluarga Indonesia



 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024