Jakarta (ANTARA) - Penjualan kendaraan listrik (EV) Kia Corp. di Amerika Serikat dari Januari hingga Juli melonjak dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya berkat permintaan yang kuat untuk model SUV EV9, menurut data industri yang ditunjukkan, Senin.

Menurut data dari Asosiasi Otomotif dan Mobilitas Korea, penjualan EV Kia di AS selama tujuh bulan pertama tahun ini mencapai 33.957 unit, menandai peningkatan dua kali lipat dari 16.941 unit tahun lalu.

Kinerja penjualan EV Kia di AS sangat mencolok jika dibandingkan dengan pertumbuhan keseluruhan segmen di negara tersebut. Total pasar EV AS hanya tumbuh 0,9 persen dibandingkan tahun lalu selama periode tersebut, dari 638.716 unit menjadi 644.752 unit.

Baca juga: Penjualan Hyundai dan Kia di Eropa turun 4,9 persen pada Mei

Baca juga: Penjualan Hyundai-Kia meningkat pada April karena permintaan global


Pengamat industri mengaitkan permintaan kuat model SUV EV9 sebagai pendorong utama pertumbuhan Kia di segmen ini di pasar Amerika.

Dari Januari hingga Juli, 11.486 unit EV9 terjual di negara tersebut, menyumbang 34 persen dari total penjualan EV Kia di sana.

Berkat kinerja Kia, Hyundai Motor Group mempertahankan pangsa pasar dua digit di pasar EV AS. Dari Januari hingga Juli, pangsa pasar grup ini mencapai 11,1 persen, menandai porsi tertinggi untuk periode tersebut dalam sejarah grup ini.

Proporsi EV dalam seluruh jajaran kendaraan ramah lingkungan Kia, yang mencakup EV, hibrida, dan model plug-in hybrid, juga meningkat secara signifikan.

Dari Januari hingga Juli tahun ini, EV menyumbang 44,5 persen dari total penjualan kendaraan ramah lingkungan Kia, dengan 33.957 unit dari 76.393 unit yang terjual adalah EV. Porsinya hampir dua kali lipat dari 23,7 persen tahun lalu. Demikian dikutip dari Yonhap, Senin, waktu setempat.

Baca juga: Ekspor mobil Korsel lampaui Rp158 triliun pada awal 2024

Baca juga: Penjualan Hyundai Motor di AS pada Februari naik enam persen

Baca juga: Penjualan Hyundai dan Kia di AS tembus 1,5 juta unit tahun ini

 
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024