Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co. dan afiliasinya yang lebih kecil Kia Corp. menyatakan penjualan kendaraan mereka di Eropa mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada tahun 2023 karena tingginya permintaan untuk SUV dan model listrik.

Dilansir laman Yonhap pada Senin, Hyundai dan Kia menjual total 1.106.467 unit di Eropa tahun lalu, naik 4,3 persen dari tahun sebelumnya, kata perusahaan tersebut, mengutip data dari Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA).

Jumlah tersebut memecahkan rekor sebelumnya sebanyak 1.065.227 kendaraan yang dicapai empat tahun sebelumnya. Penjualan mereka di Eropa melampaui angka 1 juta selama tiga tahun berturut-turut pada tahun 2023.

Baca juga: Hyundai-Kia bidik kenaikan penjualan meskipun target 2023 tak tercapai

Hyundai mengalami peningkatan pendapatan sebesar 3,1 persen pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya, dengan penjualan Kia naik 5,4 persen.

Hyundai dan Kia menguasai 8,6 persen pasar kendaraan penumpang Eropa tahun lalu, tertinggal dari Grup Volkswagen dengan pangsa 25,9 persen, Stellantis 16,6 persen, dan Grup Renault 9,7 persen. Proporsi Hyundai dan Kia turun 0,8 persen dari tahun sebelumnya.

Hyundai dan Kia, yang dimiliki oleh produsen mobil terkemuka Korea Selatan, Hyundai Motor Group, menempati posisi ke-4 selama tiga tahun berturut-turut.

Model terlaris Hyundai termasuk SUV Tuscon dan Kona, serta kendaraan listrik Kona dan Ioniq.

Pada bulan Desember, penjualan gabungan Hyundai dan Kia di Eropa meningkat 5,1 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 77.059 unit, dengan pangsa pasar mereka naik 0,6 persen menjadi 7,3 persen, menurut data ACEA.

Baca juga: Hyundai Motor teken kesepakatan dengan perusahaan China soal litium

Baca juga: Penjualan mobil ramah lingkungan Hyundai & Kia di AS akan capai 1 juta

Baca juga: Hyundai Motor perkenalkan prototipe taksi udara baru pada CES 2024
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024