Surabaya (ANTARA News) - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) mengharapkan wilayah penjualan Regional III bisa menyumbangkan 30-35 persen total target penjualan 30.000 unit pada 2018.

Hal itu disampaikan Manajer Penjualan Regional III, Achmad Rasyid Rafiqi, di sela-sela peluncuran Wuling Cortez untuk pasar otomotif Surabaya, meliputi wilayah penjualan Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

"Regional III masih sekira 30-35 persen, tentunya karena yang terbesar masih di regional Jabodetabek," kata Achmad di Surabaya, Senin.

Menurut Achmad, angka tersebut juga dicapai pada 2017, yang menurut dia baru sangat aktif mulai Oktober.

Selain itu, penjualan di wilayah yang dibawahinya tersebut bahkan melampaui --meskipun tidak dalam angka besar-- performa di Regional II yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, DI Yogyakarta dan Sumatera.

Hal itu, lanjut Achmad, tidak lepas cakupan wilayah penjualan yang memang lebih besar dibandingkan Regional II.

"Jatim masih jadi kontributor terbesar di Regional III, bahkan mencapai 16 persen dari penjualan nasional, kemudian baru menyusul Sulawesi," katanya.


Bahkan, Achmad berseloroh ia berangan-angan Regional III yang memiliki cakupan wilayah penjualan terbesar bisa berbanding lurus dalam kontribusinya terhadap penjualan nasional, meski diakui hal itu tidak cukup realistis.

"Secara realistis menilik pengalaman agak berat mencapai 50 persen, karena kondisi pasarnya tidak sebesar Jabodetabek dan karakter masing-masing wilayah berbeda," tuturnya.

Hal itu juga tetap ditekankan Achmad, meskipun satu dari dua model Wuling yang sudah beredar di Indonesia, Confero, hanya memiliki tranmisi manual, yang identik dengan penerimaan pasar lebih baik di luar Jabodetabek.

"Memang basis market-nya manual di luar Jabodetabek, seperti Jabar dan Kalimantan, tetapi dilihat secara keseluruhan market, nyatanya tranmisi otomatis juga belum sedominan itu," pungkasnya.



Tambah diler 

Guna mencapai target kontribusi 30-35 persen terhadap penjualan nasional, Achmad mengungkapkan pihaknya menyiapkan sekira 14 jaringan diler baru di Regional III menambah 19 titik yang sudah beroperasi saat ini.

"Jatim itu dari sembilan yang sudah ada, rencananya sampai akhir 2018 ada 16, dengan penambahan di Surabaya, Madiun, Tulungagung, Pasuruan, Tuban dan Probolinggo," kata Achmad.

Kemudian di Sulawesi yang saat ini beroperasi empat diler, akan ditambah sekurang-kurangnya dua diler yakni di Palu dan Palopo.


Di Kalimantan dari empat yang sudah beroperasi akan ditambah 1-2 diler, termasuk di Pangkalan Bun.

Di Bali dan NTB yang masing-masing sudah ada satu diler beroperasi akan ditambah sekira tiga titik lagi.

Rencana itu termasuk dalam cetak biru Wuling membidik menambah jumlah diler dari 54 titik menjadi 80 pada akhir 2018.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018