Bogor (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Supra GTR-150 untuk kalangan penyuka sepeda motor bebek yang ingin tampil lebih sporty, agresif, dan gemar mengikuti touring. 

"Sepeda motor ini tidak hanya nyaman untuk pemakaian sehari-hari dengan jarak tempuh jauh, tapi juga untuk long touring," kata Presdir AHM Toshiyuki Inuma di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Selasa. 

Diakuinya, model baru tersebut ingin membidik kalangan konsumen sepeda motor bebek kelas atas, yang sporty, senang melakukan perjalanan jauh dan touring, namun tetap menginginkan kenyamanan yang tinggi. 

"Kalau pasar (Indonesia) sehat kami menargetkan penjualan model ini 100 ribu unit per tahun," ujar Inuma. 

Eksekutif Wapresdir AHM Johannes Loman menambahkan sampai April 2016 pasar sepeda motor cenderung turun, kendati pemerintah telah menerapkan berbagai stimulus. 

Untuk menggairahkan pasar itulah, AHM, kata dia, meluncurkan model baru All New Supra GTR-150 yang meskipun pasarnya sempit, namun dicari konsumen sepeda motor bebek yang kelas atas.

"Keinginan mereka untuk mendapatkan performa (mesin) yang tinggi, tampilan yang gagah, praktis, dan nyaman untuk menempuh perjalanan jauh, terpenuhi di sini (Supra GTR-150)," ujar Johannes.

Dengan konsep grand touring sport cub, menurut Makoto Dohi dari Honda R&D Southeast Asia Co Ltd, All New Honda Supra GTR-150 dibuat seperti sepeda sport pada umumnya, agresif dan menunduk ke depan, namun tetap nyaman dikendarai untuk perjalanan jauh. "Mass foreard agressive silhoutte ini jadi tren dan disukai masyarakat Indonesia," ujarnya. 

Honda melengkapi model barunya itu dengan mesin generasi terbaru 150cc DOHC, enam kecepatan PGM-FI, namun tetap irit bahan bakar yaitu 42,2km/liter (metode pengetesan Euro 3) - 47,41 km/liter (pengetesan Euro 2). 

Selain itu, dengan tenaga power yang besar dan akselerasi yang responsif (10,7 detik) sepeda motor bebek touring itu mampu dipacu dengan kecepatan maksimum 122 km/jam.

Fitur unggulan lain yang disematkan Honda pada model baru itu antara kain LED headlight dengan dual layer yang diklaim mampu memberikan pencahayaan sempurna dalam gelap ketika touring. 

Tampilan digital panelmeter pun didesain sporty dan canggih, namun tetap memberi kemudahaan informasi kecepatan dan jarak jelajah untuk pengendaranya. 

Model baru di jajaran sepeda motor sporty Honda 150 cc itu dibandrol dengan harga Rp21,3 juta sampai Rp21,5 juta on the road Jakarta. 

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016