Guangzhou (ANTARA News) - Produsen mobil PT SGMW Motor Indonesia mengatakan sudah ada lebih dari 10 pihak yang menyatakan keinginannya untuk menjadi dealer resmi kendaraan-kendaraan SGMW di sejumlah daerah di Indonesia, namun perusahaan patungan SAIC, General Motors, dan Wuling Tiongkok itu belum bersedia menjelaskan secara detil.

"Sudah ada lebih dari 10 lah yang ingin menjadi dealer kami, tapi ini semua sedang proses. Yang jelas pada 2017 nanti kami sedikitnya akan mempunyai 35 dealer di seluruh Indonesia," kata Network Development Director SGMW Motor Indonesia, Nathan Sun, di Guangzhou, Rabu malam waktu setempat, dalam perjalanan untuk mengunjungi pabrik SGMW di Liuzhou, Tiongkok.

SGMW Motor Indonesia sedang dalam proses untuk mengembangkan jaringan penjulaan, service, dan spart part (S3) di Indonesia, selain sedang membangun pabrik pertamanya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat yang akan beroperasi 2017 mendatang.

SGMW, menurut Nathan, mengedepankan kerja sama jangka panjang (long term) bersama calon-calon mitranya di Indonesia dalam mengembangkan jaringan dealer S3 di berbagai daerah di Indonesia.

Kendaraan MPV pertama SGMW yang diproduksi di Cikarang rencananya diluncurkan dan akan meramaikan pasar otomotif Indonesia pada pertengahan tahun depan. Di Tiongkok sendiri, SGMW, menurut Nathan, menguasai sekitar 47 persen pangsa pasar MPV atau yang terbesar, sedangan pada segmen SUV masih di posisi kedua.

MPV andalan SGMW di Tiongkok terutama adalah Wuling Hongguang.

Di Tiongkok, SGMW mengoperasikan empat pabrik mobil, dua di antaranya berada Liuzhou, dengan kapasitas produksi masing-masing sekitar 500.000 per tahun.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016