Liuzhou (ANTARA News) - Produsen mobil asal Tiongkok PT SGMW Motor Indonesia menyatakan siap mendirikan dan memperluas jaringan dealer-nya di seluruh Indonesia ketika pabriknya sudah beroperasi dan mobil pertamanya yang dibuat di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat diluncurkan pada 2017 mendatang.

Presiden SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun dalam pertemuan dengan media Indonesia di kantor pusat perusahaan induk, SAIC GM Wuling Automobile Co Ltd (SGMW Tiongkok), di Liuzhou, Tiongkok, Jumat, mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat besar, dan peluang di luar Jawa juga besar sehingga SGMW akan mengembangkan jaringan dealernya di luar Pulau Jawa juga.

Xu mengatakan, SGMW sangat menyadari bahwa konsumen Indonesia sangat memperhatikan kualitas, fitur, financing (pembiayaan), dan juga layanan after sales. Oleh karena itu, SGMW siap untuk menyediakan dealer berikut spare part (suku cadang), service, dan layanan purna jual lainnya di seluruh Indonesia.

Sementara Vice President Sales and Marketing SGMW Indonesia, Yang Jie, menambahkan bahwa SGMW sudah memiliki standard sendiri sendiri untuk dealer-dealer dan layanannya sebagaimana sudah dilakukan di Tiongkok. Standar-standar itu nantinya juga akan diterapkan di dealer-dealer di Indonesia meskipun SGMW tetap akan menyesuaikan dengan kondisi-kondisi lokal, tapi yang jelas pelayanannya lengkap.

Sebagai informasi, produsen mobil brand Wuling itu di Tiongkok sekarang memiliki jaringan dealer dan showroom berjumlah 2.761 outlet yang tersebar di seluruh penjuru negara itu.

Sekarang, anak perusahaan SGMW di Indonesia, yakni PT SGMW Motor Indonesia sedang membangun pabrik pertamanya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yang direncanakan beroperasi dan menghasilkan produk pertamanya berupa MPV pada 2017 mendatang.

Dukungan pemerintah

Xu Feiyun mengatakan, proyeknya di Indonesia sampai saat ini berjalan dengan sangat lancar dan mendapatkan dukungan dari pemerintah Indonesia serta kementerian terkait dengan sangat baik. "Proyek (pendirian pabrik) berjalan lancar," katanya.

Berikutnya, jika pabrik SGMW beroperasi, akan ada pemasok SGMW baik dari Tiongkok maupun brand-brand terkenal dunia yang akan masuk ke Indonesia. Untuk itu, kata Xu,  SGMW minta kepada pemerintah Indonesia guna membantu masuknya pemasok-pemasok SGMW.

Dalam jangka waktu 5-10 tahun mendatang, dengan adanya pabrik SGMW di Cikarang, SGMW berharap produk-produknya bisa menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia dan SGWM bisa menjadi pesaing penting dalam pasar otomotif Indonesia. "Kami akan selalu mendengarkan dan memahami keinginan konsumen Indonesia serta membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka," katanya.

SGMW atau SAIC GM Wuling Automobile Co Ltd merupakan perusahaan patungan yang dibentuk oleh SAIC, General Motors, dan Guangxi Automobile Group (Liuzhou Wuling) dengan kepemilikan masing-masing 50,1 persen, 44 persen, dan 5,9 persen. Perusahaan itu mempunyai empat basis produksi di Tiongkok, yakni di kantor pusat Hexi, Basis Baojun di Liuzhou, Cabang Qingdao, dan Cabang Chongqing.

Total kapasitas produksi dari empat pabriknya itu dalam setahun mencapai lebih 2 juta unit, dengan penjualan pada 2015 lalu untuk semua varian mencapai 2.040.007 unit.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016