Jakarta (ANTARA) - Model-model kendaraan listrik yang diproduksi oleh Hyundai Motor Co. dan Kia Corp. dari Korea Selatan mendapat rating tertinggi dalam pengujian keamanan kecelakaan mobil global utama menurut pernyataan perusahaan pada Minggu (25/8) waktu setempat.

Menurut perusahaan, lima model kendaraan listrik Hyundai dan Kia yang menggunakan E-GMP, platform kendaraan elektrik milik Hyundai Motor Group, mendapat peringkat tertinggi bintang lima dalam program penilaian mobil Eropa yang disebut European New Car Assessment Programme atau Euro NCAP.

Kelima model mobil elektrik yang dimaksud terdiri atas Genesis GV60, Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6, serta Kia EV6 dan EV9.

Model-model yang sama juga menempati peringkat teratas dalam evaluasi kecelakaan yang dilakukan oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) di Amerika Serikat.

GV60, Ioniq 5, Ioniq 6, dan EV6 dianugerahi gelar bergengsi Top Safety Pick (TSP) Plus, sementara EV9 meraih peringkat Top Safety Pick (TSP), yang menunjukkan tingkat keamanan tinggi.

Baca juga: Hyundai jadi merek kendaraan listrik terlaris di AS setelah Tesla

Baca juga: Penjualan kendaraan listrik Kia di AS berlipat ganda pada Januari-Juli


Dalam evaluasi kecelakaan IIHS tahun lalu, sebanyak 20 kendaraan dari Hyundai Motor Group mencapai peringkat TSP atau lebih tinggi. Jumlah itu merupakan yang tertinggi di antara grup otomotif global.

Kia EV3 yang baru diluncurkan, yang juga menggunakan platform E-GMP, belum menjalani evaluasi keselamatan di Eropa dan Amerika Serikat.

"Hyundai Motor Group akan terus melakukan investasi yang signifikan dalam penelitian dan pengembangan untuk memastikan tingkat keselamatan tertinggi bagi penumpang dalam segala aspek," kata seorang pejabat grup perusahaan sebagaimana dikutip oleh kantor berita Yonhap pada Minggu (25/8).

Baca juga: Kia akan menambah mobil hibrida dalam barisan kendaraannya

Baca juga: Hyundai jajaki kemungkinan bawa SUV listrik Inster ke Indonesia
Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024