Jakarta (ANTARA) -
Hyundai IONIQ 5 merupakan salah satu model mobil listrik yang memadukan desain futuristik, teknologi canggih, dan performa yang berkualitas.
 
Dikenal sebagai mobil listrik generasi terbaru dari Hyundai, IONIQ 5 berhasil menarik perhatian konsumen yang mencari kendaraan ramah lingkungan tanpa mengorbankan gaya dan kenyamanan.

Seperti apa mobil IONIQ 5 ini? Berikut adalah penjelasan spesifikasi dan fitur mobil listrik dari Hyundai.
 
Desain dan dimensi
 
Hyundai IONIQ 5 tampil dengan desain yang sangat berbeda dari kebanyakan mobil listrik lainnya. Menggunakan konsep "Parametric Pixel" desain eksteriornya menonjolkan nuansa analog dan pixel digital dengan sentuhan lampu LED yang khas di bagian depan dan belakang. Bagian depannya dilengkapi dengan grill tertutup berfungsi untuk mengurangi hambatan udara dan menunjukkan desain khas sebagai mobil listrik.
 
Dimensi IONIQ 5 cukup besar dengan panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.605 mm. Dengan jarak sumbu roda mencapai 3.000 mm, mobil ini menawarkan ruang kabin yang luas dan nyaman. Desain interiornya juga mengusung tema futuristik, dengan dashboard minimalis dan layar sentuh besar sebagai pusat kendali pengemudi.
 
Selain itu, material interior IONIQ 5 dikenal dengan bahan ramah lingkungan. Mulai dari material penutup klakson, switch, steering wheel, door trim yang terbuat dari campuran biji bunga dan jagung, material jok kulit berasal dari minyak alami biji rami, material magnetik headlining, karpet mobil berasal dari serat dan benang, hingga penggunaan cat juga berasal dari bahan alami yang diekstraksi.
 
Performa dan baterai

Hyundai IONIQ 5 hadir dengan dua pilihan baterai, yaitu 58 kWh dan 72,6 kWh. Varian dengan baterai 72,6 kWh mampu menghasilkan tenaga hingga 214 hp, sedangkan baterai 58 kWh menghasilkan tenaga 168 hp. Kemudian, torsi yang dimilikinya 350 Nm.
 
Salah satu keunggulan utama IONIQ 5 adalah kemampuan jarak tempuhnya. Dengan baterai yang lebih besar, mobil ini bisa menempuh jarak hingga 384 hingga 451 km, tergantung tipe mobil yang digunakan, dengan sekali pengisian daya penuh. Hal ini dapat menjadi ideal untuk perjalanan jarak jauh tanpa khawatir kehabisan baterai di tengah jalan.
 
Teknologi dan fitur canggih

​​​​​​​IONIQ 5 dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang membuat kenyamanan dalam berkendara. Salah satu fitur canggihnya adalah Vehicle-to-Load (V2L), yang berfungsi sebagai sumber daya listrik portabel dalam mobil. Hal ini bisa menggunakan daya dari baterai mobil untuk mengisi ulang perangkat elektronik.
 
Selain itu, IONIQ 5 juga dilengkapi dengan sistem pengisian daya fast charging, yang memungkinkan pengisian baterai dari 10% hingga 80% hanya dalam waktu 17 menit menggunakan charger 350 kW. Fitur-fitur lain seperti Airbag penumpang dan pengemudi, sensor parkir, monitor tekanan ban, 360 camera, dan berbagai fitur keselamatan lain juga telah tersedia.
 
Kenyamanan dan kepraktisan

​​​​​​​Hyundai IONIQ 5 menawarkan kenyamanan yang luar biasa di dalam mobil. Jumlah pintu pada mobil ini terdapat 5 pintu. Dalam mobil juga tersedia 5 kursi yang menerapkan konsep relaxation sehingga terdapat Premium Relaxation Seats. Berbagai fitur digital modern lain telah tersedia dalam mobil listrik ini, seperti 12.3” TFT LCD Cluster with integrated A/V System, Wireless Phone Charger, Dual Zone AUo Climate Control, dan BOSE Premium Sound System.
 
 

Baca juga: 5 mobil listrik populer di Indonesia tahun 2024

Baca juga: Hyundai IONIQ 6 N 2025 terlihat tengah diuji coba

Baca juga: Hyundai kenalkan IONIQ 5 versi off-road di AS
 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024