Jakarta (ANTARA) - Ketika berpikir tentang kendaraan anti peluru, mungkin akan terbayangkan sebuah SUV besar atau sedan mewah milik orang-orang tertentu, namun di Brazil, pelanggan Toyota sekarang bisa mendapatkan tingkat perlindungan yang sama berkat opsi baru yang ditawarkan.

Toyota Brazil telah bermitra dengan ahli lapis baja lokal Avallon, Carbon, Evolution Blindagens, dan Parvi Blindados untuk menawarkan opsi ini baik untuk model baru maupun bekas, lapor Carscoops, Kamis.

Pelanggan yang tertarik dapat menghubungi diler Toyota setempat untuk mengirimkan kendaraan mereka ke perusahaan lapis baja pilihan mereka, bahkan sebelum melakukan pengiriman.

Baca juga: BMW punya dua model mobil anti peluru

Menurut halaman khusus di situs web resmi, model yang kompatibel termasuk sedan Corolla, Corolla Cross SUV, pikap Hilux, dan SUV SW4 (Fortuner). Hal yang sama berlaku untuk contoh-contoh bekas selama tidak lebih tua dari model tahun 2020 dan mobil akan dilakukan penilaian sebelumnya di diler Toyota.

Perusahaan-perusahaan tersebut memperkuat bodi mobil dengan senyawa khusus dan memasang jendela yang lebih tebal, membuat kendaraan lebih aman jika terjadi serangan. Armor ini dinilai mampu menahan peluru dari senjata api kecil dan senjata lain seperti pemukul atau pipa logam.

Baca juga: Aurus Senat, limusin lapis baja Rusia menuju pasar Eropa

Sayangnya, biaya upgrade opsional ini masih belum diketahui. Namun, perusahaan memberikan garansi 5 tahun untuk layanan pemasangan lapis baja dan garansi 5 atau 10 tahun untuk bahan, tergantung pada komponen tertentu.

Meskipun ada sedikit penurunan dalam tingkat kejahatan secara keseluruhan, angka pembunuhan yang mengkhawatirkan di Brazil, yang mencapai 39.500 kasus tahun lalu, terus membayangi negara ini.

Kenyataan suram ini telah memicu permintaan yang semakin meningkat akan keamanan otomotif, karena warga Brazil berusaha melindungi diri mereka sendiri dari ancaman kekerasan yang selalu ada di jalan raya negara tersebut.

Baca juga: Toyota ungkap purwarupa kendaraan hibrida FFV di Brazil

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024