Jakarta (ANTARA) - Penjualan Suzuki di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 22 persen pada Mei 2024, di mana penjualan sebagian besar ditopang dengan kendaraan hybrid.

Seluruh model hybrid Suzuki menyumbang sebesar 43 persen dari total penjualan mobil penumpang perusahaan di periode yang sama.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan kategori komersil juga memberikan angka positif sebesar 52 persen dari penjualan Suzuki secara keseluruhan.

Adapun mobil penumpang yang paling laris pada periode tersebut yakni New XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno di kategori mobil penumpang.

“Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami,” ujar Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), melalui rilis pers, Jumat.

Baca juga: Suzuki segera luncurkan Jimny 5 pintu, sudah bisa inden

Baca juga: Baru sebulan inden, Suzuki Jimny 5 pintu tembus 500 SPK


Dilihat per model yang terjual, New XL7 memimpin penjualan mobil penumpang dengan peningkatan sebesar 28 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dengan komposisi yang didominasi oleh New XL7 versi hybrid sebesar 61 persen.

Selain itu, di kategori Medium SUV tiga baris, XL7 mengalami peningkatan pangsa pasar sebesar 6 persen.

Masih menjadi primadona, penjualan All New Ertiga didominasi oleh varian hybrid sebesar 70 persen dari total penjualan All New Ertiga.

Suzuki mencatat, pada bulan Mei 2024 kendaraan hybrid terus menunjukkan eksistensinya dengan kontribusi sebesar 21 persen dari total keseluruhan penjualan kendaraan Suzuki Indonesia.

Baca juga: Suzuki masih buka program Suzuki Product Quality Update untuk 3 model

Kontributor ketiga adalah Baleno yang mampu menorehkan peningkatan sebesar 57 persen dibandingkan penjualan bulan sebelumnya, serta memimpin pangsa pasar tertinggi yakni sebesar 65 persen di kategori sedan hatchback Indonesia pada bulan Mei 2024.

Kendaraan Suzuki kategori penumpang lain yang mampu menarik perhatian masyarakat adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Selain kategori mobil penumpang, komposisi penjualan mobil komersil New Carry pada Mei 2024 meningkat 26 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.

“Melalui catatan penjualan bulan Mei 2024, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Suzuki yang terus memilih Suzuki sebagai brand otomotif untuk menunjang mobilitas. Kami juga sangat bangga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Besar harapan kami agar hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” kata Randy.

Baca juga: Suzuki sabet penghargaan untuk 4 model kendaraanel kendaraan 

Baca juga: Penjualan kendaraan penumpang Suzuki naik 60 persen kuartal 1 2024

Baca juga: Suzuki tanggapi Toyota Hilux Rangga yang bakal saingi Carry

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024