Jakarta (ANTARA) - Hyundai terus memperluas jajaran produknya dengan merilis Hyundai Inster, versi listrik dari crossover subkompak Hundai Casper.

Tidak seperti Casper yang secara eksklusif hanya tersedia di Korea, Inster juga akan dijual di Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, menjadikannya model global, lapor Carscoops, Kamis.

Inster banyak meminjam desain Casper 2021, tetapi menambahkan beberapa sentuhan elektrik. 

SUV listrik ini menawarkan pilihan roda 15 inci atau 17 inci, dan lampu LED yang lebih mencolok di depan dan belakang. Inster lebih panjang 230mm daripada Casper, dengan jarak sumbu roda yang membentang 180mm.

Meskipun memiliki ukuran yang cukup besar, Inster tetap memiliki ukuran yang sama dengan Casper. Panjangnya 3.825 mm, lebar 1.610 mm, dan tinggi 1.575 mm, dengan jarak sumbu roda 2.580 mm.

Baca juga: Hyundai Mobis pasok modul untuk empat SUV listrik Mercedes-Benz

Tampak belakang Hyundai Inster (ANTARA/X/Hyundai Worldwide)

Baca juga: Hyundai bakal unjuk SUV listrik konsep SEVEN

Anggap saja sebagai micro-SUV yang sedang dalam masa pertumbuhan, ukurannya lumayan besar, namun masih kalah besar dari saudara-saudara subkompak SUV Hyundai lainnya seperti Bayon, Creta, Venue, dan Kona.

Di Eropa, Hyundai Inster akan diposisikan di antara segmen A-SUV (Toyota Aygo X, Suzuki Ignis) dan B-SUV (Jeep Avenger, VW T-Cross), menjadikannya pilihan yang tepat untuk lingkungan perkotaan dengan dimensinya yang ringkas.

Selain itu, Hyundai telah mengumumkan versi Inster Cross yang akan datang, yang menampilkan "desain yang lebih tangguh dan fokus pada kegiatan di luar ruangan".

Desain interiornya juga sebagian besar dibawa dari versi bertenaga bensin, meskipun dengan peningkatan teknologi dan pilihan warna yang berbeda untuk jok. Kokpit digitalnya dilengkapi dengan dua layar 10,25 inci, jauh lebih besar daripada yang ada di Casper.

Tergantung pada variannya, namun mobil ini dapat mencakup dok pengisian daya nirkabel, pencahayaan ambient LED 64 warna, kursi depan berpemanas, sunroof, dan serangkaian fitur ADAS yang komprehensif untuk ukurannya.

Semua kursi dapat dilipat rata, dengan baris kedua dapat digeser dan direbahkan, dan bangku depan opsional.

Bagasi memiliki kapasitas 280 liter (9,9 kaki kubik), yang dapat diperluas hingga 351 liter (12,4 kaki kubik) tergantung pada posisi bangku belakang.


Baca juga: Hyundai sebar "teaser" SUV listrik sebelum diluncurkan

Tampak samping Hyundai Inster (ANTARA/X/Hyundai Worldwide)

Hyundai Inster akan tersedia dengan pilihan powertrain Standar dan Long Range. Model entry-level dilengkapi dengan motor listrik tunggal dengan 95 hp (71 kW / 97 PS) dan torsi 147 Nm (108 lb-ft).

Energi bersumber dari paket baterai 42 kWh, yang memungkinkannya menempuh jarak lebih dari 300 km (186 mil) di antara pengisian daya.

Bagi mereka yang menginginkan lebih dari segalanya, versi Long Range ditenagai oleh motor listrik bertenaga 113 hp (84,5 kW / 115 PS) yang lebih kuat.

Ini dikombinasikan dengan paket baterai yang sedikit lebih besar dengan kapasitas 49 kWh, yang menargetkan jarak tempuh WLTP terdepan di segmennya sejauh 355 km (221 mil).

Berkat kemampuan pengisian daya cepat DC 120 kW, Inster dapat mengisi daya dari 10-80 persen dalam waktu 30 menit, klaim Hyundai.

Ketika terhubung ke stopkontak AC 11 kW yang lebih umum digunakan, pengisian daya penuh akan memakan waktu 4 jam untuk model Standar atau 4 jam dan 35 menit untuk model Jarak Jauh.

Baca juga: Genesis luncurkan desain SUV listrik GV60

Ruang kabin Hyundai Inster (ANTARA/X/Hyundai Worldwide)

Selain itu, fungsi V2L memungkinkan pengisian daya dua arah untuk perangkat lain seperti sepeda elektronik dan peralatan berkemah.

Inster baru akan mulai dijual di Korea pada musim panas ini, setelah debutnya di Busan International Mobility Show 2024.

Peluncuran secara bertahap di Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik akan menyusul, dengan harga yang akan diumumkan kemudian.

Dilihat dari ukuran dan posisi pasarnya, ini mungkin akan menjadi penawaran EV paling terjangkau dari Hyundai.

Baca juga: EV3 akan hadir 23 Mei di AS, jadi SUV listrik termurah Kia

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024