Jakarta (ANTARA) - Hyundai Mobis akan kembali hadir pada salah satu pameran teknologi digital terbesar dunia Consumer Electronics Show (CES) di Amerika Serikat, Januari 2024 mendatang, dan mereka membawa mobil konsep terbarunya, MOBION, yang nampak didasarkan pada IONIQ 5 dan menampilkan desain yang unik.

Anak perusahaan Hyundai yang berfokus pada suku cadang dan teknologi dalam otomotif itu masih merahasiakan detailnya, namun mereka memastikan bahwa MOBION akan dilengkapi dengan e-Corner System yang memungkinkan keempat rodanya berputar hingga 90 derajat. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk melaju ke hampir semua arah, sebagaimana dilansir laman Carscoops, Jumat.

Baca juga: Hyundai: Insentif terkait kendaraan listrik sudah di jalur yang benar

Terlihat pula sekilas unit "Interaction Lighting". Tidak banyak yang diketahui tentang ini, tetapi tampaknya mereka menampilkan gerakan “swiping” seperti jari pada smartphone.

Selain konsep tersebut, perusahaan ini juga akan memamerkan teknologi yang belum pernah ada di dunia, yakni layar yang dapat digulung di dalam kendaraan. Ini akan digabungkan dengan layar transparan, yang menggunakan teknologi elemen optik holografik.

Tangkapan layar - video bocoran Hyundai Mobion (ANTARA/X/Hyundai Mobis Global)

Perusahaan tidak menjelaskan lebih lanjut secara spesifik, tetapi mencatat bahwa sifat transparan dari layar tersebut menciptakan kesan ruang dan keterbukaan.

Di sisi kendaraan listrik, perusahaan akan memamerkan unit kontrol pengisian daya terpadu (ICCU) berdaya tinggi. Daya yang diberikan sebesar 22 kW, dan ini dapat mengurangi separuh waktu pengisian ulang kendaraan listrik sebelumnya, yang umumnya hanya dilengkapi dengan ICCU 11 kW.

Perusahaan juga menyarankan bahwa unit ini dirancang dengan mempertimbangkan teknologi vehicle-to-grid, atau disingkat V2G, teknologi yang memungkinkan energi didorong kembali ke jaringan listrik dari baterai kendaraan listrik (EV).

Secara keseluruhan, Hyundai Mobis akan menampilkan 20 teknologi mobilitas baru yang siap untuk segera diproduksi secara massal. Perusahaan ini juga mencatat bahwa mereka ingin mendiversifikasi basis pelanggannya dan meningkatkan penjualan dengan menyoroti kemampuan teknologi dan kualitas produk mereka di CES 2024.

Baca juga: Hyundai Motor akan hadirkan visi hidrogen dan perangkat lunak di CES

Baca juga: Startup dari Hyundai akan pamerkan perangkat lunak mobilitas AI di CES

Baca juga: Startup dari Hyundai akan pamerkan perangkat lunak mobilitas AI di CES

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023