Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Las Vegas, memamerkan modul in-wheel yang benar-benar luar biasa yang dipasang pada prototipe Ioniq 5.

Teknologi yang dihadirkan oleh Hyundai Mobis, cabang suku cadang dan penggerak otonom Hyundai ini dijuluki e-Corner. Modul tersebut merupakan paket lengkap yang berisi motor listrik, peredam listrik, brake by wire, dan steer by wire Seperti yang dilaporkan oleh Arena EV pada Rabu.

Dalam hal ini, salah satu manfaat utama dari sistem e-Corner adalah dapat dipasang di berbagai kendaraan listrik plug-in tanpa menghabiskan ruang ekstra, menjadikannya alat yang berharga bagi para insinyur yang merancang kendaraan ini.

Baca juga: Liburan keluarga bisa lebih praktis dan efisien pakai city car

Ide pertama kalinya ini diperlihatkan pada tahun 2018, tetapi sekarang telah dipasang di keempat sudut Ioniq 5 EV yang lebih dikenal luas.

Dalam demonstrasi video, kendaraan yang dibuat khusus ini diperlihatkan dengan kemampuan memutar semua rodanya sebesar 90 derajat ke arah yang sama. Hal ini memungkinkan mobil dengan cepat masuk dan keluar dari tempat parkir yang sejajar dengan dirinya sendiri.

Namun, ini hanyalah awal dari kemampuan sistem e-Corner yang juga dapat melakukan hampir semua tindakan yang dapat dibayangkan. Prototipe Ioniq 5 terlihat memutar semua rodanya pada sudut sekitar 45 derajat, memungkinkan kendaraan berputar 360 derajat dan mengaktifkan fungsi putaran nol yang mulus dan cepat.

Sistem e-Corner juga dapat melaju ke arah diagonal, seperti GMC Hummer EV, dan memiliki fitur pivot yang memungkinkan roda belakang berputar hingga 90 derajat, memberikan kendaraan kemampuan untuk berbelok dengan cara yang mirip dengan sudut jalan.

Namun, teknologi ini bukanlah hal baru, karena ide serupa pertama kali terlihat pada tahun 1927 di Paris pada kendaraan penggerak roda depan yang unik.

Selain itu, pada tahun 1930-an, sebuah inovasi Amerika yang dikenal sebagai "The Park-Car" dirilis yang menampilkan roda kelima di belakang yang dapat diturunkan ke tanah untuk memudahkan parkir.

Baca juga: Hyundai Mobis kembangkan pengontrol "self-driving" dengan Qualcomm

Baca juga: Penjualan Hyundai, Kia di AS turun pada 2022 di tengah kekurangan chip

Baca juga: Hyundai Motor Group percepat transisi ke kendaraan listrik di 2023
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023