Jakarta (ANTARA) - Divisi pabrikan otomotif Hyundai, Hyundai Mobis, memamerkan kecanggihan teknologi terbaru yang diberi nama e-Corner yang memungkinkan keempat roda ban mobil berputar hingga 90 derajat sehingga menghasilkan beberapa trik berkendara nan mengagumkan.

Lewat sebuah video, kemampuan fitur e-Corner juga memungkinkan purwarupa Hyundai Ioniq 5 Electric SUV dapat dikemudikan secara horizontal atau berputar sehingga memudahkan untuk melakukan metode paralel saat berada di area parkir. Jadi, tak perlu lagi repot dengan pola mengemudi U-turn yang lazim berlaku.

Dengan fitur e-Corner, Hyundai Mobis menawarkan kemampuan menakjubkan dengan memaksimalkan kemampuan keempat ban mobil untuk berputar hingga 90 derajat baik secara bersamaan atau pun secara individual, seperti disiarkan Business Insider pada Jumat.

Dalam video tersebut, sebuah mobil listrik Hyundai Ioniq 5 berhenti tepat di samping tempat parkir terbuka. Kemudian, dengan memutar keempat roda secara tegak lurus ke tepi jalan, model Hyundai itu pun masuk ke area parkir yang terbilang sangat sempit.

 Hyundai menyebut dukungan teknologi e-Corner itu dengan istilah crab driving atau kemudi ala kepiting.
Tangkapan layar demonstrasi kemampuan crab driving pada Hyundai Ioniq 5 Electric SUV. (ANTARA/YouTube/Hyundai Mobis)


Kemampuan tersebut dapat terwujud berkat perkembangan teknologi dalam ranah kendaraan listrik. Sebagian besar kendaraan listrik memiliki motor penggerak yang terpasang pada salah satu atau kedua as roda.

Motor penggerak itu juga dapat digerakkan ke dalam roda sama halnya dengan starter kaki di skuter atau motor listrik. Seperti yang telah diuji coba oleh tim Hyundai Mobis, sistem tersebut memungkinkan beberapa manuver unik yang tidak dapat diterapkan pada kendaraan biasa.

Hyundai juga mempertontonkan kemampuan zero turn yang merupakan manuver untuk berputar balik tanpa melakukan U-turn. Sekali lagi, roda mobil Ioniq 5 berputar ke arah luar dengan roda depan dan belakang yang saling berlawanan arah.

Hasilnya, seluruh badan mobil Ioniq 5 pun berputar tanpa ada pergeseran posisi. Kemampuan ini akan sangat berguna kala menemukan lokasi parkir sempit.
Tangkapan layar demonstrasi kemampuan pivot turn pada Hyundai Ioniq 5 Electric SUV. (ANTARA/YouTube/Hyundai Mobis)


Masih dari video tersebut, unit Ioniq 5 juga piawai melakukan sebuah pivot turn yaitu skema roda depan kanan tetap di tempatnya, sementara bagian belakang kendaraan berayun ke luar. Meski bukan konsep yang baru, tetapi, kemampuan ini amat menarik karena banyak pabrikan mobil melakukan eksperimen dengan metode semacam itu sejak tahun 1930-an.

Dari sekian banyak kemampuan yang ditawarkan di dalam video, fitur parkir paralel dan putaran 90 derajat tampaknya akan menjadi hal yang paling berguna di dunia nyata. Hyundai belum memberikan pernyataan mengenai apakah fitur e-Corner itu akan disematkan dengan segera untuk meramaikan pasar.

Baca juga: Hyundai IONIQ 5 jadi kendaraan operasional peserta KTT ASEAN ke-42

Baca juga: Hyundai Mobis kembangkan layar dalam mobil yang dapat digulung

Baca juga: Honda pamerkan e:N Series di pameran Auto Shanghai 2023

Baca juga: BMW serah terima 13 unit mobil listrik iX dukung KTT ASEAN Labuan Bajo
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023