Jakarta (ANTARA) - Kolaborasi antara perusahaan otomotif Jepang dan China, yakni Honda dan Dongfeng, dikabarkan menghasilkan kendaraan elektrik yang dapat memiliki daya jelajah CLTC 520 km melalui kendaraan Lingxi L.

CarnewsChina pada Jumat mengabarkan bahwa peluncuran kendaraan Lingxi L akan dilakukan pada paruh kedua tahun ini yang akan menyasar kelompok konsumen muda di China.

Lingxi merupakan merek kendaraan energi baru di bawah perusahaan patungan Dongfeng-Honda , yang didirikan pada September 2023. Lingxi L adalah kendaraan listrik pertama di bawah merek tersebut.

Sebelumnya, Dongfeng-Honda telah mengumumkan bahwa pada tahun 2025, proporsi model listriknya akan mencapai lebih dari 50 persen dan mereka tidak akan lagi meluncurkan kendaraan bertenaga bensin baru setelah tahun 2027.

Baca juga: Industri otomotif Dongfeng Honda di Wuhan mulai beroperasi lagi

Baca juga: Dongfeng bikin FengGuang Mini EV, calon pesaing Wuling Hongguang


Secara keseluruhan, Lingxi L akan mengadopsi desain bodi dua warna yang menampilkan wajah depan tertutup dengan menggunakan strip lampu berteknologi LED berdesain vertikal yang terhubung dengan logo merek serta strip lampu horizontal yang membuatnya sangat mudah dikenali.

Lingxi L memiliki ukuran 4830/1845/1503 mm, dan jarak sumbu roda 2731 mm. Mobil ini menggunakan desain pelek palang lima berukuran 19 inci dan ban 245/40 R19.

Sejauh ini, MIIT Tiongkok mengungkapkan bahwa Lingxi L dilengkapi dengan baterai lithium besi fosfat 59,22 kWh, memberikan jangkauan jelajah CLTC 520 km. Sebelumnya diumumkan Lingxi L versi motor listrik tunggal, dibekali motor listrik depan berkekuatan 160 kW, dan memiliki kecepatan tertinggi 160 km/jam.

Di dalam, kokpit memiliki roda kemudi melingkar tradisional dan lima layar, termasuk panel instrumen LCD penuh, layar kendali pusat, layar hiburan co-pilot, dan tampilan digital untuk kedua kaca spion eksternal.

Selanjutnya kendaraan ini memiliki tampilan HUD yang memberikan informasi seperti kecepatan kendaraan, navigasi, dan rambu lalu lintas. Konfigurasi lainnya termasuk pemantauan tekanan ban, login pengenalan wajah, pencahayaan sekitar, parkir otonom, dan kontrol jelajah adaptif.


Baca juga: Dongfeng Nano Box baru meluncur di China, harga mulai Rp133 juta

Baca juga: Dubes ajak Dongfeng dan Liugong kembali investasi di Indonesia


Baca juga: Truk baru Dongfeng KL dan KR diluncurkan di Vietnam untuk memulai perjalanan barunya di luar negeri
 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024