Bekasi (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan akan meluncurkan beberapa model sepeda motor listrik di tahun 2024.

“Di tahun ini kita akan ada beberapa (motor listrik baru), jadi ada lebih dari satu yang kita luncurkan untuk motor listrik di tahun ini,” ujar Wakil Presiden Direktur AHM Thomas Wijaya pada peluncuran All New Honda BeAT Series di AHM Safety Riding & Training Center, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Senin.

Kabar ini tentu semakin membuat industri elektrifikasi roda dua semakin bergairah, pasalnya, tidak hanya meluncurkan satu model, AHM mengonfirmasi akan meluncurkan beberapa motor listrik di 2024 yang hanya tinggal enam bulan.

Baca juga: Pengunjung PEVS 2024 berkesempatan jajal motor listrik Honda EM1 e:

Thomas belum dapat mengungkap jumlah pasti maupun model apa saja yang ia sebut akan diluncurkan. Namun, ia memastikan motor-motor listrik baru tersebut akan diproduksi di Tanah Air seperti Honda EM1 e:.

“Jadi ada beberapa model EV lagi, intinya lebih dari satu yang akan kita luncurkan di semester dua tahun ini, ada beberapa model dan tentu pasti produk-produk motor listrik akan sama dengan EM1 yang juga sudah produksi Indonesia,” Thomas menjelaskan.

Hingga saat ini, Honda telah memiliki sejumlah produk sepeda motor listrik, salah satunya Honda EM1 e: yang kini telah resmi dijual di Tanah Air.

Baca juga: HPP Energy Indonesia luncurkan layanan berbagi baterai Honda e:Swap

Honda EM1 e: dibekali dengan motor penggerak dengan tenaga maksimal 1,7 kW. motor listrik ini mendapatkan dukungan dari baterai MPP e: detachable, yang dapat dilepas-pasang, yang turut memberikan kemudahan konsumen.

Menggunakan pengisian daya dari Honda Power Pack Charger e:, motor listrik itu diklaim dapat mengisi daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25 persen-75 persen dan 6 jam untuk 0 persen-100 persen maupun konsumen dapat mengunjungi Honda Power Pack Exchanger e: untuk menukar baterai yang telah terisi penuh.

Baca juga: Motor listrik Honda resmi dijual, mulai Rp33 juta

Sebagai sarana pendukung mobilisasi area perkotaan, Honda EM1 e: mampu mencapai kecepatan maksimal 45 kilometer/jam dengan jarak maksimal 41,1 kilometer.

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Presiden Direktur AHM Susumu Mitsuishi sempat mengatakan bahwa motor listrik Honda tersebut hadir untuk menjawab permintaan dari masyarakat sekaligus bentuk komitmen perusahaan dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

Baca juga: Mengintip kecanggihan motor listrik baru Honda karya anak bangsa

Baca juga: Honda resmi pasarkan motor listrik EM1 e: di GIIAS 2023

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024