Banten (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) akan menggunakan teknologi bahan bakar injeksi bagi setiap sepeda motornya  pada 2014.

"Targetnya semua sepeda motor keluaran Honda akan dilengkapi dengan teknologi 'Fuel Injection' (FI). Semester awal 2014 semoga bisa terpenuhi," kata Direktur Marketing AHM Margono Tanuwijaya saat berbincang dengan sejumlah wartawan di Pulau Umang, Banten, Jumat.

"AHM memperkenalkan teknologi injeksi di Indonesia sejak 2005, AHM melangkah lebih awal mendahului regulasi pemerintah dengan merilis produk-produk motor injeksi," kata Margono.

Contoh varian Honda yang sudah menerapkan teknologi FI antara lain Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda CB150R StreetFire, Honda PCX150, Honda Verza 150, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Vario 125 PGM-FI, Honda Spacy FI, All New Honda BeAT FI, New Honda Scoopy FI dan Honda Vario 125 CBS Idling Stop.

Sementara itu, Honda Tiger dan MegaPro, Honda Blade dan Revo belum menggunakan teknologi FI.

Dengan kata lain, varian motor-motor tersebut masih mengunakan karburator.

Teknologi injeksi merupakan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimal sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan.

FI antara lain menyumbangkan emisi gas buang yang bersih, konsumsi BBM jauh lebih hemat, membuat mesin lebih bertenaga serta perawatan yang mudah dan murah.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013