Jakarta (ANTARA) - Maserati melakukan penarikan kembali (recall) untuk kendaraan Ghibli dan Quattroporte 2021-2022, karena terdapat sebuah masalah pada bagian sistem saluran bahan bakar akibat salah pada pemasangan awal.

CarsCoops pada Jumat (19/4) waktu setempat mengabarkan bahwa penarikan kembali untuk kendaraan yang kental dengan aura sporty ini pertama kali di ketahui oleh Maserati pada Desember yang lalu, saat Maserati menerima klaim atas masalah yang sama dan memutuskan untuk membuka penyelidikan internal.

Sehingga, perusahaan memutuskan setidaknya sekitar 58 unit kendaraan Ghibli dan Quattroporte dengan rentang pembuatan mulai dari 2021-2022 harus ditarik kembali untuk mendapatkan perbaikan.

Baca juga: Proyek mobil eksotis listrik Maserati Quattroporte ditunda

Baca juga: Sedan "hybrid" pertama Maserati Ghibli hadir tahun ini


Selama empat bulan berikutnya, produsen mobil tersebut menyelidiki masalah tersebut untuk menentukan potensi dampaknya, dan menemukan akar penyebabnya. Pada akhirnya, diputuskan bahwa sensor saluran bahan bakar di 28 Ghibli dan 30 Quattroporte dari model tahun 2021-2022 bisa bocor.

Kejadian ini merupakan hal yang sangat buruk bagi pengguna kendaraan tersebut, pasalnya kejadian yang jarang terjadi itu dapat menyebabkan kebakaran jika bahan bakar bersentuhan dengan sesuatu yang cukup panas untuk dijadikan sumber penyulutan. Selain itu, kebocoran dapat menyebabkan masalah mesin.

Jika kebocoran terjadi cukup cepat, hal ini dapat menyebabkan kekurangan bahan bakar, yang dapat menyebabkan kendaraan kehilangan tenaga penggeraknya. Jika hal ini terjadi secara tidak terduga, hal ini dapat mengakibatkan situasi berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Hingga saat ini, Maserati sangat bersyukur belum ada yang laporan kecelakaan atas masalah yang sedang merak hadapi hingga saat ini. Namun, pihaknya memperingatkan pengemudi untuk mewaspadai bau bensin atau penurunan performa mesin, karena bisa jadi itu merupakan tanda kebocoran sensor.

Baca juga: Beli mobil mewah Maserati kini makin mudah

Baca juga: Maserati gandeng Hiroshi Fujiwara, umumkan bos baru di Asia Pasifik

Baca juga: Maserati resmi luncurkan Ghibli

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024