Jakarta (ANTARA) - Spesialis mobil sport Italia, Maserati, telah meluncurkan salah satu supercar listrik pertama di dunia yang dapat dikonversi dan termasuk yang pertama dengan empat kursi.

Penyematan lencana GranCabrio berarti versi convertible dari coupe mewah GranTurismo baru. Sementara Folgore, yang berarti petir dalam bahasa Italia, adalah lencana yang digunakan pada semua model Maserati listrik baru.

Laman Drive, Selasa, melaporkan, model ini diperkirakan akan tiba di showroom Australia setelah GranCabrio bensin tiba menjelang akhir tahun ini, dengan harga hampir setengah juta dolar sebelum biaya on the road 475.000 AUD (sekitar Rp4,9 miliar).

Baca juga: Audi telah bangun supercar R8 terakhirnya


Maserati GranCabrio Folgore 2024 (ANTARA/Maserati)
Maserati GranCabrio Folgore 2024 (ANTARA/Maserati)

GranCabrio Folgore menggunakan tiga motor listrik - dua di belakang, satu di depan - dan baterai 92,5kWh (total, atau 83kWh yang dapat digunakan), yang sebagian besar dipasang di sepanjang terowongan tengah mobil, dan beroperasi pada 800 volt.

Meskipun masing-masing dari tiga motor listrik mengembangkan sekitar 300kW, baterainya hanya dapat memasok energi yang cukup hingga 610kW - dan hanya dalam waktu singkat, dengan output daya reguler di luar mode 'MaxBoost' yang dikutip sebagai 560kW/1350Nm. 

Baca juga: Porsche tampilkan Taycan Turbo GT sebagai mobil tercepat dan terkuat

Spesifikasi motor yang berlebihan memungkinkan 610kW didistribusikan di antara motor sesuai keinginan untuk kinerja yang optimal. Para eksekutif Maserati mengatakan bahwa perusahaan ini sudah mengeksplorasi teknologi baterai generasi berikutnya untuk membuka lebih banyak daya motor. 

Maserati mengklaim model ini dapat menempuh waktu akselerasi 0-100km/jam dalam 2,8 detik. Jangkauan berkendara listrik 419 km hingga 447 km dengan sekali pengisian daya diklaim, menurut prosedur uji WLTP Eropa.

Pengisian daya cepat DC hingga 270kW juga ditawarkan, untuk pengisian ulang 20 hingga 80 persen dalam waktu 18 menit. 

Baca juga: Supercar “James Bond” Jaguar C-X75 akhirnya legal di jalan raya


Maserati GranCabrio Folgore 2024 (ANTARA/Maserati)
Maserati GranCabrio Folgore 2024 (ANTARA/Maserati)

Seperti halnya GranCabrio bensin, fitur kinerja termasuk suspensi udara adaptif, rem Brembo depan enam piston 380mm dan belakang empat piston 350mm, dan roda depan 20 inci dan belakang 21 inci. 

Terdapat empat mode berkendara yakni Max Range, GT, Sport, dan Corsa. Sementara GranCabrio Folgore diklaim memiliki suara berkendara yang disintesis yang berasal dari "karakter suara" mesin V8 Maserati yang berasal dari Ferrari.

Perbedaan visual antara Folgore dan versi bensin meliputi gril depan yang baru - lebih banyak tertutup daripada terbuka, ditambah desain velg yang unik, dan pilihan cat yang berbeda.

Baca juga: Hypercar Bohema bertenaga Nissan GT-R buatan Praga mulai diproduksi

Maserati GranCabrio Folgore 2024 (ANTARA/Maserati)

Di dalam, jok tersedia dengan jok Econyl baru, yang terbuat dari nilon daur ulang, diklaim sebagai yang pertama di dunia otomotif, dengan bagian yang dipotong dengan laser untuk memberikan pola yang unik. 

Atap soft-top dapat dibuka dalam 14 detik atau ditutup dalam 16 detik dengan kecepatan hingga 50 km/jam - selama jendela sudah diturunkan. 

Baca juga: Maserati luncurkan foto mobil balap paling kencang terbarunya MCXtrema

Baca juga: Industri otomotif China rambah segmen "supercar"

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024