Jakarta (ANTARA) - Maserati resmi meluncurkan kendaraan sport utility vehicle (SUV) Grecale baru, menandai langkah lain dalam perluasan yang dijanjikan sebagai bagian dari strategi perubahan haluan.

Dikutip dari Reuters, Rabu, peluncuran model baru awalnya direncanakan pada November tahun lalu, tetapi ditunda karena kekurangan chip global.

Maserati, merek mewah Stellantis, mengatakan Grecale akan tersedia pada paruh kedua tahun ini dalam tiga versi, dua hybrid ringan empat silinder bertenaga 300 dan 330 tenaga kuda, serta performa tinggi bertenaga 530-kuda.

Mesin bensin V6 diklaim mampu mencapai kecepatan tertinggi 285 kilometer per jam.

Chief Executive Maserati Davide Grasso mengatakan pengiriman akan dimulai pada musim panas untuk wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA) serta akan segera menyusul di Amerika Serikat.

Dengan panjang 4,859 meter dan harga jual mulai dari sekitar 74.000 hingga 111.000 euro (Rp1,1 miliar hingga Rp1,7 miliar), Grecale akan bersaing dengan model termasuk Porsche Cayenne dan Macan, Mercedes' GLE, BMW X5, dan Land Rover Discovery.

Mengambil nama dari angin, Grecale akan diproduksi di pabrik Cassino Stellantis, di Italia tengah. Versi mobil listrik penuh akan tersedia tahun depan.

Maserati bertujuan untuk menawarkan apa yang disebut versi listrik penuh 'Folgore' dari setiap model, termasuk mobil super sport MC20 senilai lebih dari 200.000 euro, pada tahun 2025 dan sepenuhnya bertenaga listrik pada tahun 2030.

Kendaraan listrik baterai (BEV) pertamanya adalah GranTurismo baru, yang akan debut sebelum Grecale pada 2023.



Baca juga: Maserati lanjutkan produksi Grecale EV tahun ini

Baca juga: Maserati akan luncurkan SUV mewah Grecalebaru pada 22 Maret

Baca juga: Maserati tunda peluncuran Grecale karena krisis "chip"
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022