Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil terbesar kedua di Korea Selatan Kia Corp. pada Selasa (26/3) mengatakan pihaknya telah mempekerjakan dua mantan desainer Mercedes-Benz dan BMW untuk operasi mereka di Eropa dan China dalam langkah terbaru untuk memperkuat kemampuan desainnya.

Mantan desainer Mercedes-Benz Oliver Samson dan mantan desainer BMW Lim Seung-mo masing-masing akan mulai menjabat sebagai kepala Kia Design Center Eropa dan kepala Kia Design Center China, pada 1 April, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Mereka melapor kepada Karim Habib, wakil presiden eksekutif dan kepala Kia Global Design, dan diharapkan untuk "berkolaborasi dan bersaing" dengan pusat desain regional Kia lainnya untuk mengembangkan desain, konsep, dan model generasi berikutnya, kata Kia.

Baca juga: Hyundai-KIA tarik 170 ribu EV akibat kesalahan perangkat lunak

Baca juga: Hyundai Motor Group percepat transisi ke kendaraan listrik di 2023


Samson memulai karirnya sebagai desainer eksterior di Hyundai dan Kia European Design Center pada tahun 2003 dan kemudian bekerja di Changan Automobile China, produsen mobil listrik Nio, dan Mercedes-Benz.

Sedangkan Lim, yang bekerja untuk Geely Automobile dan BMW, mengatakan industri otomotif menghadapi banyak perubahan dan tantangan dinamis dan dia akan membantu berupaya meningkatkan daya saing desain Kia dengan memasukkan nilai-nilai masa depan ke dalam filosofi desain progresifnya.

“Dengan menyatukan tim beragam yang terdiri dari individu-individu berbakat dengan perspektif unik, kami dapat benar-benar mewujudkan filosofi di balik Opposites United, sehingga memungkinkan kami memberikan desain yang benar-benar inspiratif dan berdampak dengan lebih baik,” kata Habib dalam pernyataannya.

Mengambil inspirasi dari perbedaan yang ditemukan antara alam dan kemanusiaan, Opposites United berupaya menemukan sinergi melalui konsep yang tampaknya berlawanan, menurut Kia.

Berdasarkan lima pilar desain utama, yaitu berani untuk alam, kegembiraan untuk alasan, kekuatan untuk maju, teknologi untuk kehidupan, dan ketegangan untuk ketenangan, filosofi desain tersebut dapat dilihat dalam Kia EV6 dan EV9, serta semua kendaraan masa depan merek tersebut.

Pada tahun 2006, Kia menunjuk mantan desainer Audi Peter Schreyer sebagai chief design officer sebagai bagian dari upaya Hyundai Motor Group untuk memperkuat daya saingnya melalui pertumbuhan kualitatif.

Dia bekerja dengan produsen mobil Korea selama 16 tahun berikutnya, menciptakan model-model khas, seperti sedan Kia K5, mobil boks Soul, dan kendaraan sport subkompak Stinger. Dia juga mengembangkan gril hidung harimau khas Kia yang diakui secara global.

Desainer asing lainnya termasuk Jochen Paesen yang bergabung dengan Kia sebagai wakil presiden grup desain interiornya pada tahun 2020 dan mantan desainer BMW John Buckingham yang bergabung dengan Kia sebagai kepala Kia Next Design Exterior Group pada tahun 2023.

Baca juga: Hyundai dan Kia jual lebih dari tiga juta unit mobil ramah lingkungan

Baca juga: Hyundai dan Kia jual 101 ribu kendaraan berplatform E-GMP di AS

Baca juga: Hyundai, Kia target jual 550 ribu mobil tiap tahun di Timur Tengah

 
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024