Jakarta (ANTARA) - Fisker melaporkan bahwa pengiriman kendaraan listriknya melonjak lebih dari empat kali lipat selama kuartal terakhir, membantu mereka menyerahkan sekitar 4.700 kendaraan sepanjang 2023.

Peningkatan volume penjualan kuartalan didorong terutama oleh permintaan tinggi untuk Fisker Ocean SUV, yang dihargai sekitar 69.000 dolar AS (sekitar Rp1 miliar), demikian pernyataan perusahaan, seperti disiarkan Reuters Jumat (29/12).

Fisker mulai melakukan pengiriman pertamanya kepada pelanggan di AS pada bulan Juni.

Baca juga: Fisker produksi 5.000 unit Ocean dan targetkan 300 pengiriman per hari

Perusahaan ini akan mengumumkan rencana pada bulan Januari untuk meningkatkan penjualan dan pengiriman guna menyelaraskan kapasitas produksi dengan permintaan kuat untuk SUV Ocean, demikian dijelaskan oleh Fisker.

Saham perusahaan mobil listrik berbasis California itu naik lebih dari 10 persen dalam perdagangan pra-pasar. Saham mereka telah kehilangan sekitar 79 persen sepanjang tahun ini.

Perusahaan-perusahaan mobil listrik yang lebih kecil menghadapi cadangan kas yang berkurang, ditekan oleh biaya tinggi terkait dengan peningkatan produksi dan pemotongan harga untuk meningkatkan permintaan.

Fisker, yang memiliki kesepakatan dengan unit Austria Magna International's untuk memproduksi mobilnya, membuat 10.142 kendaraan pada tahun 2023.

Namun, perusahaan itu memangkas perkiraan produksi tahunannya dua kali dalam dua bulan terakhir karena perlambatan produksi untuk memenuhi kebutuhan modal kerja. 

Baca juga: Fisker Ronin elektrik direncanakan meluncur pada awal Agustus

Baca juga: Sempat ditertawakan Elon, BYD siap salip Tesla jadi merk EV teratas

Baca juga: Sedan listrik Y6 meluncur dengan jarak tempuh 1.000 km
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024