Jakarta (ANTARA) - Pasar otomotif India saat ini memang sedang menjadi incaran bagi sebagian pabrikan otomotif dunia, salah satunya adalah Fisker asal Amerika Serikat yang siap berekspansi ke negara tersebut.

Perusahaan rintisan kendaraan listrik Fisker mengatakan akan memulai pengiriman SUV listrik Fisker Ocean di India pada kuartal keempat tahun 2023. Pengiriman dilakukan pada periode itu karena proses homologasi untuk pasar otomotif terbesar ketiga di dunia itu baru akan selesai pada September, seperti dikabarkan laman Inside Ev, Senin (17/7).

Perusahaan tersebut akan membawa model terbatas untuk pasar India, yaitu Fisker Ocean Extreme Vigyan Edition yang diambil dari nama perusahaan Fisker di India yakni Fisker Vigyan India Private Limited.

Baca juga: Fisker mau bangun pabrik mobil listrik di India

Fisker edisi terbatas itu hanya tersedia 100 unit dan harga di India akan sejalan dengan harga yang ada di Eropa. Fisker Ocean Extreme dihargai 69.950 euro di pasar Jerman, tetapi, Ocean Extreme Vigyan Edition yang ada India nantinya akan ditambahkan dengan harga pajak dan logistik.

"India menawarkan peluang yang menarik bagi kami. Menyusul keberhasilan awal pengiriman di Eropa dan AS, kami sangat senang dapat menghadirkan Fisker Ocean Extreme, dengan jangkauan terdepan di kelasnya dan fitur unik, ke pasar baru yang kami rencanakan untuk mengembangkan merek kami dengan cepat selama beberapa tahun mendatang," kata pendiri Fisker, Henrik Fisker

Ocean Extreme adalah level trim jarak terjauh dari model Fisker, dengan perkiraan peringkat EPA 360 mil (579 kilometer). Kendaraan itu juga merupakan jangkauan terjauh dari semua SUV listrik baru di kelasnya, yang didefinisikan Fisker sebagai "SUV ukuran menengah dengan harga di bawah 200 ribu dolar AS."

Di Eropa, Fisker Ocean Extreme memiliki jangkauan WLTP 440 mil (707 kilometer)dengan menggunakan velg dan ban standar 20 inci, menjadikannya SUV listrik jarak jauh yang dijual di Eropa saat ini.

Baca juga: Fisker berjuang untuk bangkitkan produksi Ocean Ev

Baca juga: Foxconn bahas pabrik kendaraan listrik di Wisconsin

Baca juga: BYD ajukan Investasi Rp14,9 triliun untuk lini mobil listrik di India
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023