Jakarta (ANTARA) - Foxconn Taiwan mengatakan bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan dengan negara bagian Wisconsin di Amerika Serikat terkait rencana membangun kendaraan listrik di sana, bagian dari dorongan pemasok utama Apple Inc untuk mendiversifikasi aliran pendapatan.

Dikutip dari Reuters, Minggu, Foxconn dan produsen mobil listrik Fisker Inc mengatakan pada bulan Mei bahwa mereka telah menyelesaikan kesepakatan perakitan kendaraan.

Baca juga: Foxconn berharap impor vaksin BioNTech untuk Taiwan

Mereka tidak mengidentifikasi lokasi, tetapi CEO Fisker mengatakan pabrik Wisconsin Foxconn adalah sebuah kemungkinan.

Dalam sebuah pernyataan, Foxconn mengatakan telah memulai diskusi dengan Wisconsin.

"Foxconn telah melibatkan Wisconsin Economic Development Corporation untuk membahas rencana perusahaan untuk pembuatan kendaraan listrik. Foxconn optimis tentang kemitraan kami dengan WEDC dan menantikan diskusi yang berkelanjutan," kata dia.

Perusahaan, yang secara resmi disebut Hon Hai Precision Industry, tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Seorang juru bicara Wisconsin Economic Development Corp mengatakan badan tersebut tidak mengomentari pembicaraan potensial sampai kontrak dieksekusi.

Selama setahun terakhir ini, Foxconn telah mengumumkan beberapa kesepakatan produksi mobil listrik dengan produsen mobil termasuk Fisker, Byton dan Zhejiang Geely Holding Group China, serta unit Fiat Chrysler Stellantis NV.

Pada hari Jumat, Fisker mengatakan pembicaraan dengan pejabat pembangunan ekonomi Wisconsin adalah normal dalam proses mengevaluasi lokasi pabrik potensial.

Produsen mobil tersebut mengatakan pada bulan Mei bahwa pihaknya telah menyelesaikan rencana Foxconn untuk membangun kendaraan untuk startup mobil listrik di pabrik AS mulai tahun 2023, dan Wisconsin adalah salah satu dari empat opsi.

Foxconn bertujuan untuk menyediakan komponen atau layanan untuk 10 persen dari kendaraan listrik dunia pada tahun 2025 hingga 2027.


Baca juga: Stellantis dan Foxconn siap bermitra kembangkan mobil masa depan

Baca juga: Sejumlah pabrik yang memproduksi Apple di India terinfeksi COVID-19

Baca juga: Produksi iPad dan MacBook tertunda karena krisis pasokan hantam Apple

Pewarta: F017
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021