Jakarta (ANTARA) - Stellantis, grup otomotif hasil merger Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Peugeot Citroën (PSA), bermitra dengan Hon Hai Precision Industry (Foxconn) membentuk usaha patungan untuk mengembangkan kokpit pintar bagi mobil.

Foxconn melalui anak usahanya, FIH Mobile, bersama Stellantis akan fokus pada penyediaan solusi kokpit cerdas untuk kendaraan terhubung. Ini merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman yang mereka teken 18 Mei 2021.

Untuk mengembangkan ruang kemudi cerdas, Stellantis dan Foxcoon membentuk usaha patungan dengan nama Mobile Drive. Kemitraan ini akan menggabungkan kemampuan Foxconn dalam industri TIK dan solusi cerdas, dengan keahlian Stellantis di sektor otomotif.

Mobile Drive akan fokus pada pengembangan solusi infotainment dan telematika serta platform layanan cloud, yang bertujuan untuk memberikan solusi kokpit cerdas yang komprehensif, kata Stellantis dalam pernyataan resmi, dikutip Selasa.

Peta jalan inovasi perangkat lunaknya akan mencakup aplikasi berbasis kecerdasan buatan, navigasi, bantuan suara, operasi toko e-commerce, dan integrasi layanan pembayaran. Inovasi hardware akan terkait dengan smart cockpit dan telematics box.

Melalui pertukaran kekayaan intelektual oleh entitas pendirinya dan integrasi vertikal dari rantai pasokan masing-masing, Mobile Drive akan dapat menciptakan layanan digital otomotif terdepan di industri untuk mencapai pengalaman pengguna yang mulus di dalam dan di luar kendaraan.

Di masa depan, solusi kokpit pintar tidak hanya akan tersedia untuk semua kendaraan Stellantis, tetapi juga untuk produsen kendaraan pihak ketiga, memperluas jangkauan dan dampak dari usaha Mobile Drive karena bertujuan untuk menjadi pemimpin global dalam bidang ini.


Baca juga: Ford, GM, Stellantis minta dukungan AS jual mobil listrik

Baca juga: Dodge akan pindahkan produksi Charger dan Challenger ke AS

Baca juga: Stellantis akan bawa 6 kendaraan listrik hingga 2026 ke Korea Selatan

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021