Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menghadirkan SUV terbarunya, Mitsubishi XForce, pada hari pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

PT MMKSI juga menyediakan unit test drive bagi pengunjung yang penasaran dengan kendaraan yang akan bersaing dengan Hyundai Creta ataupun Honda HR-V di pasar otomotif Indonesia.

Untuk membuktikan bagaimana rasanya mengendarai kendaraan tersebut, PT MMKSI mengajak mengajak rekan-rekan media untuk menguji kendaraan tersebut secara singkat di arena test drive GIIAS 2023.

Baca juga: Alasan Mitsubishi gunakan mesin yang samadengan Xpander

Secara tampilan, mobil ini tidak begitu jauh berbeda dengan kendaraan konsepnya sejak awal. Lampu depan berbentuk T shape membuat kendaraan ini terlihat lebih futuristik.

Kesan SUV dari kendaraan ini semakin dipertegas dengan penyematan velg berukuran 18 inci, sekaligus mempertegas kesan yang tangguh dan pembeda dengan jajaran pesaingnya yang terlihat lebih rendah.

Memang, kendaraan SUV terbaru dari MMKSI ini sudah mengusung dimensi yang terpanjang, terluas dan juga tertinggi di kelasnya dengan dengan ground clearance 222 mm.

Mitsubishi XForce yang sedang dalam pengujian singkat di arena tes drive GIIAS 2023. (ANTARA/Chairul Rohman)

Memasuki bagian dalam, kesan modern langsung terlihat berkat hadirnya head unit yang terpampang luas dengan layar infotainment sebesar 12,3 inci. Kesan modern dan elegan juga hadir pada bagian dashboard yang dikombinasikan dengan bahan berkelir abu-abu.

Rintangan yang dihadirkan pada arena test drive sama sekali bukan masalah berkat ground clearance yang tinggi. Mobil ini mampu melewati obstacle yang dihadirkan.

Untuk tenaganya, mobil ini terbilang cukup responsif berkat mesin dengan kode 4A91 yang sama dengan Xpander. Jantung pacunya menghasilkan tenaga 77 kW pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm, dipadukan transmisi CVT.

Baca juga: Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023, harga mulai Rp379 jutaan

Meski begitu, mode berkendara dari kendaraan ini belum diuji di arean uji kendara yang disediakan oleh panitia. Empat mode yang tersemat antara lain adalah Normal, Mud (lumpur), Gravel (jalan berkerikil), dan Wet (medan basah).

Meski begitu, kami sempat merasakan mode sport yang dihadirkan pada kendaraan ini. Dengan menekan tombol yang berada di samping tuas kemudi menghasilkan respon yang lebih cepat tanpa adanya jeda.

Sejauh ini, mobil lima penumpang yang dihadirkan oleh MMKSI sudah sangat memenuhi keinginan konsumen Indonesia, berkat berbagai teknologi dan juga fitur yang hadir guna menunjang gaya hidup mereka.

Mitsubishi XForce yang sedang dalam pengujian singkat di arena tes drive GIIAS 2023. (ANTARA/Chairul Rohman)

Sayangnya, mobil terbaru dari Mitsubishi ini masih belum dilengkapi dengan pengaturan jok elektrik untuk di kedua variannya.

Di Indonesia, Mitsubishi XForce hadir dengan dua varian, yaitu Ultimate CVT dan juga Exceed CVT. Untuk varian Ultimate CVT dibanderol dengan harga Rp412.900.000 dengan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.

Sedangkan untuk Exceed CVT dibanderol dengan harga Rp379.000.000 dengan pilihan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.

Baca juga: Dashcam BlackVue SPA98002 resmi hadir di Mitsubishi Xforce

Baca juga: Yamaha sajikan audio layaknya pengalaman nonton konser pribadi

Baca juga: Mitsubishi XForce kedepankan sisi nyaman di bagian dalam

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023