Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan membawa kejutan atau sesuatu yang baru pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus mendatang.

"Pokoknya lihatlah nanti di GIIAS atau dekat-dekat GIIAS, kan udah bulan Juli sekarang," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy pada saat Media Test Drive dari 3-5 Juli 20223, di Surabaya.

Kehadiran kendaraan terbaru itu diindikasikan dengan kehadiran kendaraan baru dari segmen elektrifikasi. Hal itu dikarenakan perkembangan elektrifikasi di Indonesia semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun.

"Tahun ini ada lagi lah, tapi tunggu segmennya apa dan lain-lain seperti apa," ucap dia.

Baca juga: Suzuki siapkan kejutan sekaligus edukasi teknologi terbaru di GIIAS

Dalam kesempatan ini, Anton Jimmy belum bisa membocorkan lebih banyak model apa yang akan mereka hadirkan pada ajang GIIAS mendatang. Meski begitu, PT TAM sangat menyambut baik tren elektrifikasi di Indonesia.

Ketika ditanya mengenai peluncuran Alphard terbaru, pihaknya meyakini bahwa kendaraan yang sudah meluncur di Jepang itu juga akan di bawa ke pasar Indonesia. Untuk waktunya sendiri dia belum bisa memastikan lebih lanjut.

"Alphard baru pasti kita launching lah tapi nanti kita infoin Siapa tahu di GIIAS siapa tahu bukan di GIIAS," Anton memberi teka-teki.

Dia juga menyatakan bahwa pihaknya akan senantiasa menghadirkan kendaraan-kendaraan yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan baik itu hydrogen, elektrik, hybrid dan juga plug-in hybrid untuk pasar Indonesia ke depannya.

Baca juga: Mitsubishi siap luncurkan "The New SUV" pada ajang GIIAS nanti

"Banyak hal yang belum confirm gitu ya, tapi pasti kita ingin ke depannya ada lagi produk-produk Hybrid, elektrifikasi akan kita luncurkan lagi karena memang animo masyarakat memang cukup baik," kata Anton Jimy Suwandi

Yang terbaru, PT TAM menghadirkan pilihan mobil ramah lingkungan melalui All New Toyota Yaris Cross Hybrid. Mobil yang menggunakan mesin berkode 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder ini menggunakan basis yang dimiliki oleh mesin Toyota Avanza dan Veloz. Yang spesial dari kendaraan ini adalah adanya kombinasi dengan baterai lithium-ion dan motor elektrik.

Melalui catatan yang dibagikan, mesin berkode 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder ini sanggup melontarkan tenaga sebanyak 67 kW atau 90 hp dan torsi puncak 121 Nm. Tenaga tambahan yang lain datang dari motor elektrik yang mampu melontarkan tenaga 59 kW atau 79 hp dan torsi 141 Nm.

Baca juga: GIIAS 2023 hadirkan edukasi soal kendaraan listrik lewat ragam program

Di Indonesia, mobil hybrid 5 penumpang ini memiliki enam varian yang dapat disesuaikan oleh para pecintanya seperti All New Yaris Cross 1.5 G M/T yang dibanderol dengan harga Rp351 juta, All New Yaris Cross 1.5 G CVT dibanderol Rp364 juta, All New Yaris Cross 1.5 S CVT Rp407,700 juta.

Lalu terdapat pula All New Yaris Cross 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package dengan harga Rp417 juta, All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT Rp440.600 juta dan yang tertingginya adalah All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT GR Parts Aero Package yang dibanderol mencapai Rp 449.950 juta.

Baca juga: Chery pastikan Omoda BEV akan mejeng di pameran otomotif GIIAS
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023