Jakarta (ANTARA) - Lexus Indonesia baru saja resmi meluncurkan kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) The All New Lexus RZ yang di banderol dengan harga Rp2 miliar lebih.

Mobil listrik premium ini sudah dibekali dengan berbagai teknologi canggih di dalamnya seperti teknologi Direct4 yang membuat pengendara merasa nyaman dan aman berkat aspek 3 C yang dijanjikan (Control, Confident, serta Convenient).

"Itu adalah komitmen spirit Omotenasi yang erat dengan Lexus dan itu juga bagaimana kita sebagai Lexus brand, dapat mengantisipasi keinginan dari konsumen kita pada saat mengemudi," kata General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

Baca juga: Lexus Indonesia mengkaji LBX crossover dibawa ke Indonesia

Hadirnya teknologi ini, dikatakan oleh dia akan memberikan kemudahan dalam berbagai hal aktifitas berkendara.

Sistem ini juga diklaim mampu mengantisipasi pengendaraan sesuai dengan intensi dan kebutuhan pengemudi sehingga memungkinkan pengendara dan penumpang mendapatkan sensasi yang paling natural.

"Misal pengendara ingin melakukan Turning, U Turn dengan kondisi jalan yang terbatas itu akan jadi lebih mudah dengan adanya teknologi ini," jelas dia.

"Kemudian untuk yang high speed, itu pasti akan sejalan dengan yang roda depan. Sehingga, jika ingin take over atau passing kendaraan di jalan tol dengan kecepatan 60-70 km/h, itu roda belakang akan searah dengan roda depan. sehingga bisa mengantisipasi dan mempermudah untuk bisa pindah jalur," tambah dia.

Baca juga: Lexus resmi pasarkan dua mobil ramah lingkungan untuk pasar Indonesia

Teknologi Direct4 dari Lexus ini adalah sebuah teknologi yang dapat menyeimbangkan pergerakan mobil, ini juga merupakan sistem All-Wheel-Drive Lexus yang memperhatikan aspek Control, Confident, serta Convenient.

Kinerja dari Direct4 ini adalah dengan menyalurkan tenaga yang instan secara otomatis dan juga mampu mendistribusikan tenaga yang dibutuhkan roda depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Baik pada saat akselerasi, deselerasi, maupun cornering, Direct4 akan menjaga postur kendaraan tetap lurus dan stabil, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

Pada saat pengujian di Sirkuit Internasional e-Prix, Ancol, Jakarta Utara, mobil listrik dengan tenaga yang sangat buas ini sungguh sangat lincah di setiap tikungan. Akselerasi dari mobil ini pada saat jalur lurus juga sungguh mengesankan.

Sehingga, ucapan pepatah yang mengatakan "Ada Duit, Ada Barang" itu sangat terasa pada sebuah kendaraan yang sudah menggunakan platform baru (e-TNGA) yang juga didedikasikan untuk model BEV terbaru dari Lexus ini.

Penggunaan platform e-TNGA memungkinkan Lexus bisa mengoptimasi penempatan dua motor listrik dan baterai. Hasilnya, distribusi bobot lebih baik untuk menunjang performa dan kedinamisan berkendara.

Dalam catatannya, mobil listrik penuh ini memiliki tenaga sebesar 308 hp, serta dilengkapi dengan Drive Mode Select: Normal, Sport, Eco, Range, dan Custom, yang bisa disesuaikan dengan karakter dari masing-masing berkendara.

Baca juga: Lexus Korea luncurkan model listrik murni pertama

Baca juga: Lexus kawal konsumennya dengan fasilitas premium
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023