Jakarta (ANTARA) - Land Rover Discovery Sport 2023 telah dianugerahi peringkat keselamatan bintang lima baru hampir 10 tahun setelah terakhir kali uji tabrak oleh Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

Melansir laman Drive, Selasa, generasi Land Rover Discovery Sport itu mendapatkan rating lima bintang untuk keselamatan saat pertama kali diuji pada tahun 2014. Setelah facelift pada tahun 2020 dan pembaruan lebih lanjut tahun ini hingga menjadi listrik pada tahun 2025, kendaraan tersebut telah diuji ulang oleh ANCAP dan mitranya dari Eropa, Euro NCAP.

Skor baru Land Rover Discover Sport itu berlaku hingga akhir 2028, atau enam tahun dari akhir tahun lalu saat diuji.

Baca juga: Land Rover Discovery Sport 2020 dan Range Rover Evoque kena "recall"

Meskipun skor tersebut dipublikasikan di Australia pada tahun 2023, mobil tersebut telah diuji di Eropa tahun lalu di bawah ANCAP dan protokol pengujian 2020-2022 organisasi Euro NCAP yang lebih ketat.

Berlaku untuk kedua varian Land Rover Discovery Sport bertenaga bensin yang dijual di Australia, SUV tersebut menerima skor 85 persen untuk Perlindungan Penumpang Dewasa, 88 persen untuk Perlindungan Penumpang Anak, 71 persen untuk Perlindungan Pengguna Jalan Rentan (pejalan kaki dan pengendara sepeda), dan 83 persen untuk teknologi Safety Assist.

Peringkat Adult Occupant Protection Discovery Sport dicapai setelah SUV mencetak skor dalam satu titik nilai penuh dalam uji perlindungan, benturan samping, oblique pole dan whiplash protection test ANCAP.

Dalam kategori Child Occupant Protection, Land Rover menerima nilai sempurna untuk uji tabrak depan dan samping yang 'dinamis'.

Hasil 83 persen untuk teknologi Discovery Sport's Safety Assist diberikan setelah SUV tersebut kehilangan satu atau kurang satu poin untuk pengingat sabuk pengamannya, teknologi pengereman darurat otonom (AEB), bantuan kecepatan, dan sistem lane keeping.

Menurut ANCAP, Discovery Sport mencapai hasil yang beragam dalam tes keselamatan Perlindungan Pengguna Jalan Rentan, dengan skor mulai dari nol (benturan kaki bagian atas) hingga nilai penuh (benturan kaki bagian bawah).

Kemampuan teknologi AEB untuk mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda saat bergerak maju kehilangan sedikit poin.

Land Rover Discovery Sport 2023 dihargai mulai 80.970 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 1,2 miliar ditambah biaya on-road (P250 R-Dynamic SE) dan 85.540 dolar AS ditambah biaya on-road (P250 R-Dynamic HSE).

Baca juga: Land Rover Discovery Sport dan Evoque dapat pembaruan mesin listrik

Baca juga: Honda akan kenalkan teknologi keselamatan secara global pada 2050

Baca juga: Pentingnya perhatikan kecepatan mobil saat bawa anak kecil

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023