Jakarta (ANTARA) - Grup Jaguar-Land Rover (JLR) telah mengumumkan bahwa Range Rover dan Range Rover Sport akan dirakit di India, menandai produksi Range Rover pertama kali di luar Inggris.

Menurut siaran Carscoops pada Jumat (24/5), model-model itu akan tersedia secara eksklusif untuk pasar India dengan waktu tunggu yang dijanjikan lebih singkat bagi pelanggan Range Rover yang terus bertambah di negara tersebut.

SUV Range Rover sebelumnya diproduksi secara eksklusif di pabrik Solihull di Inggris, yang disebut perusahaan sebagai "rumah global Range Rover."

Selanjutnya, beberapa model juga akan dirakit dari komponen knock-down di Pune, India.

Pabrik Pune yang berada di dekat ibu kota Mumbai dimiliki oleh perusahaan induk JLR, Tata Motors.

Sejak tahun 2011, pabrik ini telah menjadi pusat produksi sepuluh produk JLR lainnya yang dirancang untuk pasar India, dimulai dengan Land Rover Freelander.

Saat ini, pabrik membuat Range Rover Evoque dan Velar, Jaguar F-Pace, dan Land Rover Discovery Sport.

"India telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil dan luar biasa selama beberapa tahun terakhir, dan diharapkan melanjutkan lintasan ini dalam waktu dekat," kata Chief Commercial Officer JLR, Lennard Hoornik.

"Meskipun Range Rover sekarang akan menjadi 'Made in India' untuk klien di pasar ini, desain Inggris yang patut dicontoh tetap khas dan akan terus mendefinisikan keanggunan estetika dan kecanggihan teknologi yang identik dengan merek Range Rover," katanya.

Baca juga: Lebih dari 16 ribu pembeli nantikan mobil listrik pertama Range Rover
Baca juga: 1.520 Range Rover terbaru dari pabrik Inggris ditarik karena oli bocor


Range Rover rakitan India ditawarkan dalam dua trim: Autobiography dengan powertrain bensin 3.0 liter yang menghasilkan tenaga 393 hp (293 kW/398 PS) serta HSE bermesin diesel 3.0 liter yang menghasilkan tenaga 346 hp (258 kW / 351 PS).

Autobiography dijual dengan harga 260 lakh rupee atau sekitar Rp5 miliar dan HSE harganya mulai dari 236 lakh rupee atau sekitar Rp4,5 miliar.

Range Rover Sport yang diproduksi secara lokal juga tersedia dengan powertrain yang sama, tetapi dalam trim Dynamic SE. 

Unit kendaraan pertama yang diproduksi di India akan dipamerkan di Range Rover House India yang baru di kota pesisir Alibaug.

Pengiriman kendaraan pesanan dijadwalkan dimulai pada 24 Mei untuk Range Rover dan 16 Agustus untuk Range Rover Sport.

Menurut Managing Director Range Rover Geraldine Ingham, penjualan kendaraan Ranger Rover di India melonjak hingga 160 persen pada 2024, mengindikasikan prospek yang menjanjikan untuk masa depan.

Baca juga: Land Rover luncurkan SV Edition One di China
Baca juga: Range Rover Velar listrik kenalkan pengendaraan semi otonom

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024