Jakarta (ANTARA) - Range Rover listrik pertama akan segera terparkir di garasi-garasi para pelanggan kelas atas, setelah Jaguar Land Rover (JLR) merilis gambar-gambar teaser tampilan SUV listrik besar dan mewah tersebut baru-baru ini.

Dari foto tersebut, Range Rover Electric terlihat sangat mirip dengan mobil bertenaga gas dan plug-in-hybrid. Ketika generasi terbarunya diluncurkan beberapa tahun yang lalu, Range Rover dirancang untuk menjadi mobil listrik.

Laman Car and Driver, Jumat (15/12), melaporkan, model listrik pertama merek Inggris itu akan menggunakan platform Modular Longitudinal Architecture (MLA Flex) yang sama dengan Range Rover konvensional. Meskipun memiliki baterai bertegangan tinggi, versi EV akan tetap dapat berpetualang di luar jalur aspal seperti model dengan mesin pembakaran internal.
 

Range Rover Electric (ANTARA/X/Land Rover)
Range Rover Electric (ANTARA/X/Land Rover)

Perusahaan mengklaim bahwa mereka telah mulai melakukan uji coba prototipe Range Rover elektrik, termasuk mengemudi di suhu yang sangat panas dan dingin serta mengarungi air sedalam 33,4 inci, dua inci lebih dangkal daripada yang dapat ditangani oleh model berbahan bakar bensin.

Tidak seperti Range Rover dengan tangki bahan bakar, pengemudi mobil listrik harus waspada dengan jarak tempuh dari stasiun pengisian daya terdekat. Jika tidak, arsitektur 800 volt Range Rover listrik yang dirancang untuk memungkinkan pengisian daya ultra-cepat akan menjadi tidak berguna.

Sama seperti kebanyakan detail teknis lainnya tentang model listrik yang akan datang, belum ada kabar tentang ukuran baterai yang tersedia atau perkiraan jarak tempuh, namun, yang pasti, baterai dan motor listrik Range Rover Electric akan dibuat pada pabrik perusahaan di Wolverhampton, Inggris.

Meskipun Range Rover EV diperkirakan baru akan hadir pada tahun depan sebagai model 2025, pelanggan yang tidak sabar untuk mendapatkannya saat ini bisa masuk ke dalam daftar tunggu supada berada di antrean terdepan saat waktu pemesanan tersedia.

Baca juga: 1.520 Range Rover terbaru dari pabrik Inggris ditarik sebab oli bocor

Baca juga: JLM Auto resmi luncurkan Range Rover PHEV seharga Rp5 miliar

Baca juga: Land Cruiser mungkin dapatkan PHEV, Hidrogen, Dan EV di masa depan

Baca juga: Jeep uji teknologi kendara otonom untuk penggunaan off-road

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023