Jakarta (ANTARA) - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perusahaan konsumer otomotif dan transportasi PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menyetujui membagikan dividen final tunai tahun buku 2022 sebesar Rp135 per lembar saham kepada para pemegang saham dari penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku 2022.

"Ini adalah bagian dari strategi Perseroan untuk menghargai para pemegang saham kami melalui kombinasi pertumbuhan bisnis yang kuat dan distribusi dividen," kata Group Chief Executive Officer MPMX Suwito Mawarwati dalam siaran pers, Kamis.

Dividen final tunai tahun buku 2022 sebesar Rp135 per lembar saham merupakan 89 persen dari laba bersih MPMX tahun 2022 atau setara dengan dividend yield 11 persen terhadap harga saham Perseroan pada saat penutupan hari Selasa (23/5).

Baca juga: MPMX raup pendapatan Rp12,7 T hingga akhir 2022

Sampai dengan 31 Desember 2022, MPMX memberikan hasil keuangan yang kuat pada 2022 didorong oleh keunggulan operasional yang kuat dan inisiatif strategis sehingga mampu meraih laba bersih sebesar Rp662 miliar atau naik signifikan sebesar 61 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Laba bersih tersebut berasal dari kontribusi pertumbuhan bisnis distribusi, ritel dan aftermarket, transportasi, multi-finance, dan capital gain terkait strategi divestasi 49,9997 persen saham MPMX di bisnis transportasi (MPMRent).

Sebagai hasilnya, neraca keuangan MPMX menjadi kuat dengan posisi kas yang mencapai Rp1,99 triliun yang memungkinkan Perseroan untuk mengapresiasi para pemegang saham melalui distribusi dividen yang konsisten.

"Kami sangat optimis bahwa hasil pendapatan yang positif di Kuartal I 2023 akan terus bertumbuh hingga akhir tahun," kata Suwito.

Selain berfokus pada optimalisasi bisnis yang sudah ada, MPMX terus mencari peluang merger dan akuisisi di industri otomotif.

"Kami percaya bahwa investasi ini harus disertai dengan penilaian yang matang, memperhitungkan proposisi bisnis yang sehat, bersinergi dengan platform yang telah ada, dan dengan modal belanja yang ringan. Keseluruhan ini sejalan dengan prioritas utama kami untuk berinvestasi kembali di perusahaan dan tetap memberikan apresiasi kepada para pemegang saham di masa mendatang," kata Suwito.

Pada kuartal pertama 2023, MPMX berhasil mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 34 persen menjadi Rp3,8 triliun dibandingkan periode yang sama di 2022. 

Baca juga: Asuransi Astra bukukan premi Rp2,8 triliun per Agustus

Baca juga: Adira Finance catat kenaikan pembiayaan baru sebesar Rp31,7 triliun


Baca juga: Honda kembangkan sepeda motor listrik bersaing di segmen 500-750 cc
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023