Jakarta (ANTARA) - Produsen oli (lubricants) asal Amerika Serikat Bardahl mengeluarkan produk pelumas untuk sepeda motor bertransmisi otomatis di pasar Indonesia.

Vice President Bardahl Indonesia Pudjijarto Sutjipto mengatakan produk oli untuk scooter (skuter) tersebut adalah XTC Scooter 10W-30 dan XT Scooter 10W-40 yang sesuai untuk pengendara roda dua di ibu kota yang identik dengan kemacetan.

"Kedua jenis pelumas ini mengusung molekul fullerene, senyawa polar, dan teknologi ester yang memiliki kemampuan mengurangi deposit mesin sehingga ruang bakar lebih bersih," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Tak hanya membuat ruang bakar menjadi lebih bersih, menurutnya, teknologi ester juga mampu meningkatkan akselerasi tenaga, membuat konsumsi bahan bakar lebih irit serta ramah lingkungan sehingga menghadirkan kenyamanan dalam berkendara.

Pudjijarto menuturkan, formula Fullerene C60 yang ditambahkan dalam kedua pelumas tersebut merupakan zat aditif anti-aus metalo-organik yang unik.

Penggabungan sifat polar dari senyawa ester dan Fullerene C60 mampu melarutkan kerak karbon guna menjaga mesin lebih bersih, lanjutnya, perlindungan terhadap keausan logam yang sangat baik.

Selain itu mencegah pembentukan endapan untuk kebersihan mesin yang maksimal. Akselerasi mesin meningkat dan stabil pada suhu tinggi memberikan jarak tempuh lebih panjang.

Menurutnya, Bardahl XTC Scooter direkomendasikan untuk semua jenis sepeda motor yang membutuhkan oli dengan spesifikasi SAE 10W-30, SAE 10W-40, API SL, JASO MB dan tingkat kerja di bawahnya serta cocok untuk penggunaan stop and go perkotaan dan jarak jauh.

"Kedua varian ini diformulasikan untuk pengguna sepeda motor sebagai alat transportasi setiap hari dan yang mencari kualitas yang sangat baik untuk menjaga mesin kendaraan dalam kondisi optimal," ujarnya.

Baca juga: Pemilihan pelumas yang tepat disebut bikin irit bahan bakar

Baca juga: Produsen asal AS kenalkan pelumas berteknologi Ester

Baca juga: Iklim bisnis kondusif, Bardahl ramaikan pasar pelumas Indonesia
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023