Jakarta (ANTARA) - Vice President Bardahl Indonesia Pudjijarto Sutjipto menyampaikan pentingnya menjaga performa kendaraan mudik dengan menggunakan produk pelumas yang pas.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers perusahaan pada Rabu (3/4), dia menyampaikan bahwa Bardahl ​​​​​​menyediakan produk-produk pendukung perawatan mesin kendaraan seperti Bardahl B1 dan B2.

Ia menjelaskan, aditif pelumas Bardahl B1 diperuntukkan bagi mobil dengan usia pakai satu hingga lima tahun dan akumulasi jarak tempuh di bawah 80 ribu kilometer sedangkan Bardahl B2 untuk mobil berusia lebih tua dengan jarak tempuh di atas 80 ribu kilometer.

Menurut dia, zat aditif pada produk tersebut berfungsi untuk menjaga pelumasan mesin dalam kondisi ekstrem seperti mengangkut beban berlebih atau mengalami peningkatan suhu, menjaga performa mesin pada saat starter agar lebih halus, mengembalikan tenaga yang hilang, serta meregenerasi mesin dan seal-seal yang tua.

"Formula Polar Plus dapat memperpanjang usia mesin dengan mengurangi deposit karbon dan menambahkan lapisan (oil film) pada bagian-bagian yang terkecil pada mesin, sehingga mampu meningkatkan perlindungan, tenaga, hingga efisiensi bahan bakar," katanya.

Dia menyebut aditif itu cocok disandingkan dengan oli mesin Bardahl XTC S9 yang terbuat dari minyak dasar sintetik dan Fullerene C60, molekul anti-aus metal-organik.

"Sifat polar dari senyawa sintetik dan Fullerene C60 mampu melarutkan kerak karbon guna menjaga mesin lebih bersih. Dengan begitu perlindungan terhadap keausan logam sangat baik, mencegah pembentukan endapan untuk kebersihan mesin, akselerasi mesin meningkat, dan stabil pada suhu tinggi," katanya.

Baca juga: Bardahl keluarkan pelumas untuk sepada motor matik
Baca juga: Pemilihan pelumas yang tepat bikin irit bahan bakar
Baca juga: Produsen AS kenalkan pelumas berteknologi Ester

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024