Tangerang (ANTARA) - PT Autochem Industry memperkenalkan produk pelumas mesin teranyarnya yakni Prestone SAE 5W-30 API SN ILSAC GF-5 yang diklaim cocok digunakan untuk iklim tropis.

“PT Autochem Industry selaku pemegang brand Prestone di Indonesia, berusaha untuk memberikan produk berkualitas yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia," ujar Direktur Finansial PT Autochem Industry Chris Sada dalam perkenalan produk di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE, BSD, Tangerang, Senin.

Pelumas terbaru Prestone 5W-30 API SN ILSAC GF-5 diklaim cocok digunakan untuk kendaraan-kendaraan modern dengan kapasitas mesin mungil dan dilengkapi turbocharger. Pelumas tersebut memiliki teknologi Eco Guard yang diklaim mampu memberikan perlindungan optimal pada komponen bergerak di dalam mesin, sehingga cocok digunakan di Indonesia yang beriklim tropis serta lalu lintas cukup padat.

Tingkat kekentalan Prestone SAE 5W-30 API SN ILSAC GF-5 dinilai tepat untuk iklim tropis dan berefek pada suara mesin lebih senyap sehingga pelumas itu cocok digunakan untuk bensin yang mengandung ethanol.

Baca juga: Rexco hadirkan enam produk andalannya di GIIAS 2023

Sebagai pilihan, produk ini ditawarkan dalam dua varian yaitu Prestone 5W-30 API SN ILSAC GF-5 Synthetic dan Prestone 5W-30 API SN ILSAC GF-5 Fully Synthetic. Keduanya disebut sudah memenuhi standardisasi API Service SN sebagai API Service tertinggi di Indonesia yang dikeluarkan oleh SNI.

Selain itu, produk baru Prestone tersebut juga merujuk kepada International Lubricants Standardization and Approval Committee (ILSAC), yang merupakan standar minimum kebutuhan mesin-mesin mobil produksi Amerika dan Jepang.

“Ada empat poin utama sebagai standar dari pengujian ILSAC GF-5 yaitu minim penguapan, tahan penggunaan bahan bakar ethanol hingga 85 persen, buih busa harus hilang dalam waktu kurang dari 60 detik agar mesin lebih terlindungi, dan konsumsi BBM yang lebih irit,” kata Manajer Promosi PT Autochem Industry Dhany Ekasaputra.

PT Autochem Industry juga melakukan pengembangan terhadap Prestone 10W-40 API SN, API Service pelumas yang sebelumnya menggunakan standar SM, ditingkatkan menjadi SN. Produk itu direkomendasikan bagi mobil-mobil berusia di atas dua tahun dan sering mengalami kinerja mesin yang berat.

Kedua pelumas mesin yaitu Prestone 5W-30 API SN ILSAC GF-5 Synthetic dan Prestone 10W-40 API SN bisa didapatkan pengunjung GIIAS 2023 di booth PT Autochem Industry. Sementara untuk pelumas terbaru, Prestone SAE 5W-30 API SN ILSAC GF-5 Fully Syntethic baru akan tersedia di pasaran mulai tahun depan.

Baca juga: Autochem Industry bawa produk khusus EV ke GIIAS 2023

Baca juga: Lamborghini minta Pertamina kembangkan oli untuk hypercar hybrid SC63

Baca juga: Samsung gandeng BMW untuk edisi khusus ponsel lipat di GIIAS 2023
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023