Jakarta (ANTARA) - Mengatasi rembes oli pada kendaraan memiliki berbagai cara, dari yang harus repot dengan membongkar mesin hingga mengatasi masalah tanpa harus membongkar bagian mesin.

Laman resmi dari Suzuki pada Minggu (23/4), memberikan beberapa tips yang memudahkan pemilik kendaraan mengatasi masalah rembes oli tanpa harus merepotkan yakni tidak perlu membongkar bagian mesin.

Setelah pemilik kendaraan mengetahui apa saja kemungkinan yang menyebabkan oli mobil merembes, pahami juga bagaimana cara mengatasinya. Jika masalahnya ringan, pemilik kendaraan bisa mengatasi oli yang merembes tanpa perlu membongkar mesin dengan beberapa cara berikut ini.

Ganti paking yang rusak atau seal yang haus
Paking dan segel adalah komponen untuk mencegah kebocoran pada sambungan antara dua bagian mesin yang saling bergerak. Komponen itu dapat rusak akibat penggunaan berlebihan atau faktor lain seperti suhu atau tekanan tinggi.

Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan terjadinya rembesan oli. Salah satu alternatif cara mengatasi oli mobil rembes adalah dengan mengganti paking atau segel yang rusak/aus dengan yang baru.

Baca juga: Penyebab oli rembes pada mobil

Perbaiki gasket pan minyak
Gasket pan minyak adalah komponen yang digunakan untuk mencegah kebocoran pada sambungan antara blok mesin dan oil pan. Komponen biasanya terbuat dari bahan karet atau logam, dan dapat rusak akibat usia, suhu atau tekanan tinggi.

Jika kerusakannya ringan, pengguna bisa mengatasi masalah oli mobil rembes dengan cara memperbaiki komponen ini. Tetapi, apabila sudah tidak bisa diperbaiki, sebaiknya ganti dengan komponen yang baru.

Gunakan lem sealer atau lem besi
Untuk memperbaiki komponen yang bermasalah, lem khusus sealer atau lem besi juga bisa menjadi opsi. Lem itu bisa digunakan pada bagian gasket, dan terbuat dari bahan polimer khusus yang bisa berubah bentuk jadi perekat yang kuat.

Lem sealer atau biasa juga disebut lem paking ini tersedia dalam berbagai bentuk, namun, umumnya berada dalam bentuk pasta. Cara mengaplikasikannya pun mudah, cukup dioleskan saja pada bagian yang bocor atau bermasalah.

Kencangkan baut yang longgar atau ganti baru
Baut yang longgar pada bagian mesin mobil dapat menjadi penyebab kebocoran oli karena celah yang terbuka antara sambungan mesin dapat memungkinkan oli keluar dari mesin.

Salah satu alternatif cara untuk mengatasi oli mobil rembes adalah dengan memeriksa dan mengencangkan baut-baut yang longgar pada mesin mobil. Jika sudah rusak atau tidak dapat dikencangkan, maka sebaiknya ganti dengan baut yang baru.

Baca juga: Periksa pelumas mesin sebelum mudik dengan kendaraan pribadi

Gunakan cairan sealant oli mesin
Sealant oli mesin merupakan sejenis cairan khusus yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada bagian-bagian mesin mobil, misalnya pada sambungan antara dua bagian mesin yang saling bergerak.

Cairan sealant bekerja dengan cara menempel pada permukaan logam dan membentuk lapisan yang mencegah kebocoran. Cara menggunakannya mudah, biasanya cukup dioleskan pada bagian yang mengalami kebocoran.

Gunakan seal tape
Selain sealant dalam bentuk cairan, seal tape juga bisa menjadi alternatif solusi lain yang bisa Anda coba. Sesuai namanya, seal tape adalah tape atau pita perekat khusus yang dapat mencegah kebocoran pada bagian-bagian mobil tertentu.

Seal tape dapat merekat dengan baik pada permukaan logam, dan dapat menutup berbagai celah yang menyebabkan timbulnya rembesan atau kebocoran oli karena terbuat dari bahan khusus.

Baca juga: Tips bedakan oli palsu dengan yang asli

Baca juga: Keuntungan pakai pelumas sintetik pada mobil kekinian
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023