Jakarta (ANTARA) -
Dalam perkembangan tren industri otomotif saat ini, transmisi manual dan matic memiliki dan juga memberikan kelebihan serta kenyamanan masing-masing bagi para penggunanya.
 
Oleh karena itu, Auto2000 dalam laman resminya, pada Senin, memberikan beberapa catatan yang mengungkap beberapa kelebihan dari kedua transmisi tersebut.
 
Kenyamanan
 
Transmisi otomatis mendapatkan keunggulan dari hal kenyamanan dalam berkendara. Hal tersebut dapat dirasakan, ketika pengguna menemukan kondisi jalan yang padat atau macet.
Dengan transmisi ini, pengendara tidak perlu bersusah payah untuk menginjak pedal kopling dan rem. Karena, sistem otomatis dari transmisi tersebut dapat mengaturnya secara otomatis.

Sedangkan untuk transmisi manual, pengendara yang terjebak dalam kondisi tersebut harus aktif dalam mengoperasikan pedal kopling ketika hendak melakukan pergantian gigi dan sangat melelahkan ketika berada dalam kondisi tersebut dengan waktu yang lama.

Meski begitu, tidak sedikit dari pengendara masih mengandalkan sistem transmisi manual dalam kesehariannya. hal tersebut tidak bisa disalahkan, karena ini adalah pilihan masing-masing.
 
Sensasi berkendara

Untuk sensasi berkendara, sistem otomatis sangat berbeda dengan sistem manual. Hal tersebut dikarenakan pengaturan perpindahan gigi dilakukan secara otomatis.

Dengan begitu, ketika mendapatkan kondisi jalan yang lengang pengendara tidak memiliki keleluasaan dalam mengontrol transmisi, karena semua sudah diatur secara otomatis yang menjadikan kontrol lebih atas kendaraan yang mereka bawa tidak terlalu signifikan.

Sementara itu, transmisi manual justru sebaliknya. Pengendara dengan transmisi ini, memiliki keleluasaan kontrol transmisinya. hal tersebut juga bisa memberikan kepuasan bagi pengendaranya, karena mereka bisa terhubung dengan kendaraan yang mereka bawa.
 
Proses mengemudi

Transmisi otomatis menjadi pilihan yang lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan, terutama bagi para pengendara pemula. dengan transmisi otomatis, mereka tidak perlu belajar tentang koordinasi antar kopling dan perpindahan gigi yang cukup menantang.

Sedangkan untuk pengguna transmisi manual, merk harus terbiasa dengan penggunaan pedal kopling dan mengetahui kapan harus mengganti gigi berdasarkan kecepatan dan beban mesin. Ini menjadi tantangan bagi pengemudi pemula, tetapi dapat dijadikan kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang cara kerja kendaraan itu sendiri.

Baca juga: Cara berkendara bisa pengaruhi umur transmisi kendaraan

Baca juga: Cara rawat transmisi matik mobil biar tetap prima

   
 
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024