Jakarta (ANTARA) - Produsen oli asal Amerika Serikat, Bardahl, agresif melakukan penetrasi pasar pelumas sepeda motor baik manual maupun skutik di Tanah Air dengan memperkenalkan enam varian baru pelumas berteknologi Ester.

Baca juga: Cara mudah bedakan pelumas asli atau palsu

VP Bardahl Indonesia Pudjijarto Sutjipto di Jakarta, Kamis menyebutkan varian baru oli tersebut untuk memenuhi kebutuhan kendaraan roda dua dengan menyematkan teknologi Ester yang memiliki kemampuan mengurangi deposit mesin sehingga ruang bakar lebih bersih.

"Kami menghadirkan enam produk baru pelumas terbaik dengan keunggulan teknologi Ester,” ujarnya melalui keterangan tertulis

Dia menambahkan, teknologi Ester juga mampu meningkatkan akselerasi tenaga sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit serta ramah lingkungan sehingga menghadirkan kenyamanan berkendara.

Sifat polar dari senyawa Ester mampu melarutkan kerak karbon guna menjaga mesin lebih bersih serta mengontrol gesekan pada kopling dengan baik untuk menghindari selip kopling.

Perlindungan terhadap keausan logam yang sangat baik, lanjutnya, juga mencegah pembentukan endapan untuk kebersihan mesin yang maksimal. Akselerasi mesin meningkat dan stabil pada suhu tinggi memberikan jarak tempuh lebih panjang.

"Varian baru ini untuk berbagai jenis sepeda motor, misalnya ada varian untuk sepeda motor bertransmisi manual yang dirancang khusus untuk kendaraan yang memiliki masa pakai yang cukup lama. Atau untuk kendaraan dengan kinerja yang sangat ekstrim, seperti offroad serta cocok untuk penggunaan olahraga motor," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Dikatakannya, semua varian baru tersebut juga memenuhi berbagai standar seperti American Petroleum Institute (API) dan Japanese Automotive Standard Association (JASO) baik JASO MA (kendaraan transmisi manual) maupun JASO MB (skutik).

Menurut dia ke enam varian oli untuk pasar Indonesia ini terdiri atas empat varian untuk sepeda motor bertransmisi manual dan dua varian khusus untuk motor skutik (matic).

Data pada Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan, penjualan sepeda motor sepanjang 2021 mencapai 5.057.516 unit tumbuh 38 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, penjualan motor Januari - Oktober 2022 telah mencapai 4.149.947 unit atau 81,4 persen dari target 5,1 juta unit.

"Pertumbuhan penjualan sepeda motor akan mendorong peningkatan permintaan pelumas," ujar Pudjijarto.


Baca juga: Iklim bisnis kondusif, Bardahl ramaikan pasar pelumas Indonesia

Baca juga: Federal Oil optimalkan layanan interaksi di platform media sosial

Baca juga: PanaOil kenalkan pelumas Gasonix buatan Indonesia
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022